Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Google Habiskan Rp33 Triliun untuk PHK 12.000 Karyawan

Untuk PHK karyawan, Google sampai habiskan biaya hingga Rp33 triliun.Untuk PHK karyawan, Google sampai habiskan biaya hingga Rp33 triliun.

Topcareer.id – PHK massal yang dilakukan Google terhadap 12.000 karyawan selama 2023 menghabiskan USD2,1 miliar (sekitar Rp33 triliun) untuk pesangon. Dan biaya PHK dalam 1 bulan pada awal tahun 2024 ini, menghabiskan USD700 juta (sekitar Rp11 triliun), untuk pesangon 1.000 karyawan yang terkena imbas.

Melansir laman The Verge, Alphabet, perusahaan induk Google, mengungkapkan angka tersebut bersamaan dengan rilis pendapatan kuartal keempatnya pada hari Selasa.

“Selama dua tahun terakhir kami telah mengalami periode pertumbuhan yang dramatis,” kata CEO Sundar Pichai kepada stafnya dalam sebuah memo pada saat itu.

“Untuk mengimbangi dan mendorong pertumbuhan tersebut, kami berupaya menghadapi realitas ekonomi yang berbeda dari apa yang kami hadapi saat ini.”

Meskipun ada pemangkasan karyawan, Google mengakhiri tahun 2023 dengan pertumbuhan di sebagian besar lini bisnis intinya. Google membukukan pendapatan USD86 miliar untuk kuartal keempat tahun 2023, meningkat 13 persen dari tahun ke tahun.

Penghasil pendapatan utama Google, bisnis mesin pencarinya, menghasilkan USD48 miliar, meningkat hampir 13 persen dari tahun ke tahun.

Baca juga: Baru Aja PHK Massal, CEO Google Minta Karyawan Siap-Siap PHK Selanjutnya

Segmen layanan dan perangkat berlangganan perusahaan menghasilkan USD10,7 miliar, terutama berkat langganan YouTube Premium dan Musik, YouTube TV, dan Google One, menurut Pichai. Pendapatan iklan YouTube adalah USD9,2 miliar, meningkat 15 persen dari tahun lalu.

Saat berbicara dengan investor, Pichai menyebut tahun 2024 sebagai “era Gemini” dari Alphabet, mengacu pada model bahasa AI perusahaan yang diharapkan dapat berfungsi di semua produk inti Google.

“Gemini adalah realisasi pertama dari visi yang kami miliki ketika kami membentuk Google DeepMind, yang menyatukan dua tim peneliti kelas dunia,” kata Pichai, mengutip The Verge.

Meskipun PHK membuat Google mengeluarkan biaya yang cukup besar, begitu pula pengurangan real estate akibat PHK tersebut (termasuk di lokasi seperti Bay Area yang mahal). Mematikan ruang kantor fisik menyebabkan Google mengeluarkan biaya total USD1,8 miliar sepanjang tahun 2023.

Leave a Reply