Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

6 Destinasi Wisata yang Menarik untuk Rayakan Tahun Baru Imlek

Salah satu rangkaian perayaan Imlek 2024 di Solo (Shutterstock/Isvara Pranidhana)Salah satu rangkaian perayaan Imlek 2024 di Solo (Shutterstock/Isvara Pranidhana)

Topcareer.id – Bagi etnis Tionghoa yang sebentar lagi akan merayakan Tahun Baru Imlek, sudah punya rencana berwisata ke mana? Bagi yang masih bingung, tenang saja, Indonesia punya beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat libur perayaan Tahun Baru Imlek.

Melansir laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), beberapa kota di Indonesia berikut ini bisa dijadikan destinasi wisata yang kental dengan nuansa perayaan Tahun Baru Imlek:

1. Singkawang

Disebutkan bahwa Singkawang, Kalimantan Barat kerap dijuluki sebagai Kota Seribu Kelenteng karena banyak vihara, kelenteng, dan cetiya di kota ini. Jadi, merayakan Tahun Baru Imlek 2024 di Singkawang tak pernah mengecewakan.

Apalagi, saat menyambut perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, Kota Singkawang selalu menggelar festival-festival budaya dengan sangat meriah.

Mulai dari pawai lampion, pentas kesenian budaya Tionghoa, kampung Tionghoa, ritual cuci jalan, hingga paling menarik dan ditunggu adalah parade Tatung yang memperlihatkan kesaktiannya karena “dirasuki” roh leluhur.

2. Semarang

Di kota ini, perayaan Imlek di setiap tahunnya akan tersebar di beberapa titik, mulai dari klenteng Sam Poo Kong, hingga Pasar Imlek Semawis.

Tahun ini, klenteng Sam Poo Kong kembali menggelar festival Imlek yang akan berlangsung pada 7-11 Februari 2024, dengan rangkaian acara: atraksi barongsai, pertunjukan musik dan tari, serta bazaar produk ekonomi kreatif lokal.

Rangkaian perayaan Imlek 2024 di Pasar Semawis juga menarik untuk disaksikan. Berpusat di Gang Baru dan Gang Warung yang akan dihiasi pernak-pernik khas Imlek, jajanan kuliner khas Semarang, hingga pagelaran Wayang Potehi.

3. Solo

Pusat perayaan Imlek di Solo digelar di sekitar Pasar Gede yang berdekatan dengan klenteng Tien Kok Sie. Menariknya, Solo Imlek Festival 2024 akan digelar selama satu bulan penuh dari tanggal 26 Januari hingga 25 Februari 2024, dengan berbagai rangkaian festival.

Baca juga: Tips Mudah Tampil Beda Di Hari Imlek

Mulai dari pesta lampion di sekitar Pasar Gede, ritual Pao Oen, Grebeg Sudiro yang digelar pada 4 Februari, dan ditutup dengan festival Cap Go Meh pada 25 Februari 2024.

4. Palembang

Perayaan Imlek di Palembang digelar di Pulau Kemaro yang berada di tengah-tengah Sungai Musi. Di pulau ini terdapat Pagoda Hok Ceng Bio dan Klenteng Hok Tjing Rio.

Puncak perayaan Imlek di Pulau Kemaro biasanya digelar saat Cap Go Meh (15 hari setelah tahun baru Imlek). Dengan menggelar pertunjukan barongsai, drama tradisional Tiongkok, Wayang Potehi, pertunjukan alat musik tradisional khas Tiongkok, sampai wisata kuliner.

5. Selatpanjang

Kota di Riau ini yang sangat kental dengan budaya Tionghoa. Menjelang Imlek setiap sudut kota akan dihiasi ornamen warna-warni khas imlek. Menariknya lagi, di Selatpanjang juga ada tradisi Cian Cui, alias tradisi perang air. Di mana para warga berkeliling dengan becak motor sambil menembakkan pistol air pada orang di sekitarnya.

6. Jakarta

Merayakan Imlek di Ibu Kota Jakarta juga tak kalah meriah, kok. Ada banyak pusat perayaan Imlek di Jakarta, di antaranya: kawasan Pecenongan, Petak Sembilan Glodok, Taman Budaya Tionghoa (TMII), Old Shanghai (Kelapa Gading), serta kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Leave a Reply