Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek

Ilustrasi perayaan Tahun Baru Imlek.Ilustrasi perayaan Tahun Baru Imlek. (Pexels)

Topcareer.id – Saatnya bersiap menyambut Tahun Naga untuk perayaan Tahun Baru Imlek 2024. Perayaan Imlek merupakan perayaan terbesar bagi etnis Tionghoa sehingga kesakralannya selalu dijaga. Ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat perayaan Imlek.

Salah satu hal yang paling mudah dikenali dan dilakukan saat perayaan Imlek, yakni menggunakan warna merah karena diasosiasikan dengan keberuntungan dan kemakmuran. Melansir beberapa sumber, berikut ini sejumlah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat perayaan Imlek.

Yang Boleh

1. Baju baru untuk Tahun Baru

Mengenakan pakaian baru untuk Tahun Baru Imlek melambangkan awal tahun baru tentunya. Kenakan pakaian warna merah karena melambangkan keberuntungan dan hal positif. Bahkan, pakaian dalam yang baru membantu menyambut tahun yang baik.

2. Menyalakan kembang api

Ya, semakin banyak kembang api atau menyalakan petasan di saat Tahun Baru Imlek, maka akan semakin baik. Tak sekadar menerangi langit malam dengan simfoni warna, tetapi suara dentuman keras dianggap dapat menakuti roh jahat.

Di beberapa wilayah Tiongkok sendiri, kamu akan mendengar rentetan dentuman keras setiap malam selama 15 hari pertama perayaan Tahun Baru Imlek, yang dikenal sebagai Festival Musim Semi – meskipun itu terjadi di tengah musim dingin.

3. Terima angpao atau lai see

Ini merupakan kebiasaan bagi orang yang lebih tua, atasan, dan mereka yang sudah menikah untuk membagikan lai see, alias angpao, saat Tahun Baru Imlek. Pastikan untuk memoles ucapan Tahun Baru Imlek dan mendoakan mereka mendapatkan tahun yang sejahtera di masa depan.

Paket merah berisi uang keberuntungan juga akan diberikan kepada anak-anak untuk diletakkan di bawah bantal mereka guna mengusir roh jahat dan mengharapkan tahun baru yang sehat.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Yang Menarik Untuk Rayakan Tahun Baru Imlek

Yang Tidak Boleh

1. Mencuci (keramas) atau memotong rambut

Biarkan rambutmu seperti pada hari pertama Tahun Baru. Karakter Cina untuk rambut adalah karakter pertama yang sama dalam kata makmur.

Itu artinya, mencuci atau memotongnya dianggap menghilangkan kekayaanmu dan secara drastis mengurangi peluang kemakmuran di tahun depan.

2. Menyapu atau bersih-bersih rumah saat Imlek

Ya, pastikan kamu membersihkan dan membuang sampah sebelum tengah malam. Jika tidak, kamu harus menunggu hingga hari kedua tahun lunar baru. Pembersihan apapun pada hari pertama dilarang keras.

Membersihkan rumah sebelum tahun baru akan menghilangkan segala kesialan. Sementara, membersihkan rumah saat tahun baru bisa menghapus atau menyapu keberuntungan apa pun yang datang.

3. Membeli buku

Mengutip CNN, kata dalam bahasa Mandarin untuk “buku” (shū) terdengar sama persis dengan kata “kalah” – jadi membeli buku tepat setelah merayakan Tahun Baru dianggap mengundang kesialan.

Selain itu, hindari memberikan buku sebagai hadiah kepada siapapun, karena itu sama saja dengan mendoakan kesialan atas mereka.

Leave a Reply