Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 29, 2024
idtopcareer@gmail.com
ProfesionalTren

Skill Nomor 1 yang Makin Diminati Berbagai Industri, Menurut LinkedIn

Ilustrasi skill nomor 1 yang dibutuhkan di berbagai industri, yakni keterampilan komunikasi.Ilustrasi skill nomor 1 yang dibutuhkan di berbagai industri, yakni keterampilan komunikasi. (Sumber foto: Udemy.com)

Topcareer.id – Menurut penelitian baru LinkedIn, komunikasi adalah keahlian utama alias skill nomor 1 yang dibutuhkan perusahaan saat ini. Sementara, kemampuan beradaptasi adalah soft skill yang semakin banyak diminati di berbagai industri.

Daftar Keterampilan Paling Diminati LinkedIn tahun 2024, menentukan keterampilan terpanas di pasar kerja berdasarkan keterampilan mana yang paling banyak muncul dalam daftar pekerjaan di platform antara Mei 2023 dan Oktober 2023, serta berapa banyak anggota yang telah dipekerjakan baru-baru ini serta memiliki keterampilan ini.

Platform pencarian kerja dan jaringan profesional ini juga melihat keterampilan mana yang populer dari Mei 2022 hingga Oktober 2022 dan membandingkannya dengan periode yang sama pada tahun 2023 untuk menelusuri kompetensi mana yang mengalami lonjakan permintaan terbesar, sehingga menjadikan kemampuan beradaptasi sebagai “keterampilan saat ini.”

Berikut adalah 10 keterampilan yang paling banyak diminati oleh perusahaan yang ingin dilihat di resume-mu saat ini, menurut LinkedIn:

1. Komunikasi
2. Pelayanan pelanggan
3. Kepemimpinan
4. Manajemen proyek
5. Pengelolaan
6. Analisis
7. Kerja tim
8. Penjualan
9. Penyelesaian masalah
10. Riset

Baca juga: 4 Industri Terbaik Untuk Bekerja Menurut Glassdoor

“Komunikasi adalah salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan dan dapat ditransfer, relevan dengan hampir semua pekerjaan dan industri,” kata pakar karier LinkedIn Catherine Fisher, dikutip laman CNBC Make It.

Ia menambahkan, komunikasi jadi skill nomor 1 yang diinginkan dan jadi kebutuhan lebih baik di tempat kerja adalah akibat langsung dari perubahan pada angkatan kerja pasca-pandemi: munculnya AI, meluasnya penerapan pekerjaan jarak jauh dan hybrid, serta lima generasi, masing-masing dengan gaya komunikasi yang berbeda.

Sementara, menurut Wakil Presiden LinkedIn, Aneesh Raman menyampaikan bahwa perusahaan ingin mempekerjakan orang-orang yang dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan yang sedang berlangsung.

“Kemampuan beradaptasi adalah cara terbaik untuk memiliki hak pilihan saat ini. Inti dari mengelola perubahan adalah membangun kemampuan beradaptasi,” kata dia dalam laporan.

Selain menambahkan keterampilan ini ke resume dan profil LinkedIn, kamu dapat menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa kamu mudah beradaptasi dan komunikator yang kuat dengan menyebutkan contoh spesifik tentang bagaimana kamu menggunakan keterampilan ini dalam pengalamanmu sebelumnya selama wawancara.

Leave a Reply