Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Siap-Siap! Poltekpar Sediakan 3.860 Kuota Mahasiswa untuk 2024/2025

Ilustrasi Poltekpar buka penerimaan mahasiswa baru untuk 2024/2025. (dok. Kemenparkeraf)Ilustrasi Poltekpar buka penerimaan mahasiswa baru untuk 2024/2025. (dok. Kemenparkeraf)

Topcareer.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan kembali membuka program penerimaan mahasiswa baru (PMB) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) untuk tahun akademik 2024/2025.

Melalui 6 Politeknik Pariwisata yang ada di bawah naungan Kemenparekraf tersebut, setidaknya akan ada 3.860 kesempatan calon mahasiswa untuk jadi sumber daya manusia di sektor pariwisata Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa selama ini Politeknik Pariwisata telah banyak mencetak lulusan unggul di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif baik untuk bekerja maupun berwirausaha.

“Seiring dengan peningkatan kinerja pariwisata di Indonesia, peran sumber daya manusia pariwisata menjadi isu yang strategis untuk dipersiapkan maupun dikembangkan secara profesional baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Karenanya kita terus menggalakkan untuk kuliah di Poltekpar saja,” kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, dikutip Senin (19/2/2024).

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Dibuka, Sasar 985.577 Mahasiswa

Jalur penerimaan mahasiswa baru Poltekpar Tahun Akademik 2024/2025 masih terbagi dalam dua kategori seleksi. Pertama adalah Seleksi Bersama Masuk (SBM) Politeknik Pariwisata yaitu pendaftaran dan seleksi yang dilakukan secara bersama dan terintegrasi antara seluruh Poltekpar yang berada di bawah naungan Kemenparekraf.

Keenam politeknik tersebut, yakni Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Politeknik Pariwisata Bali, Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

Kemudian yang kedua adalah Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Poltekpar. Seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh masing-masing Politeknik Pariwisata sesuai dengan tahapan seleksi yang telah ditetapkan secara mandiri.

Plt. Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, mengatakan Seleksi Bersama Masuk (SBM) Politeknik Pariwisata di bawah naungan Kemenparekraf/Baparekraf akan dibuka secara resmi tahapannya pada 26 Februari 2024.

“Seleksi Bersama Masuk Poltekpar Pariwisata ini juga akan diluncurkan secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di tanggal yang sama pada 26 Februari mendatang,” ujar Dewi.

Leave a Reply