Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Aman Nggak Sih Minum Kopi Saat Perut Kosong?

Ilustrasi minum kopi saat perut kosong disebut berbahaya.Ilustrasi minum kopi saat perut kosong disebut berbahaya. (Sumber foto: USS Feeds)

Topcareer.id – Ada sebagian orang yang mengawali hari dengan rutinitas minum kopi pagi hari. Sementara yang lainnya, lebih percaya bahwa minum kopi pagi hari dalam keadaan perut kosong bisa membawa efek buruk pada kesehatan. Apakah seburuk itu efeknya minum kopi saat perut kosong pagi hari?

Ilmuwan nutrisi dan professor kedokteran keluarga di Kampus Medis Universitas Colorado Anschutz, Bonnie Jortberg mengatakan dengan tegas mengatakan kopi sebelum sarapan pagi itu berbahaya adalah mitos.

Ya, menurut para ahli memang bagi orang yang sensitif, minum kopi pagi haru saat perut kosong bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau ketidaknyamanan lainnya.

“Kebanyakan orang seharusnya tidak memiliki masalah minum kopi saat perut kosong, selain mungkin memiliki sedikit asam lambung tambahan,” kata Jortberg, mengutip laman Health.

Ia menambahkan, meskipun beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan, namun pada masyarakat umum, tidak ada bukti bahwa minum kopi saat perut kosong menyebabkan sakit gastrointestinal.

Begini kopi memengaruhi tubuh

Kafein dalam kopi merupakan daya tarik utama bagi orang-orang yang meminum minuman itu di pagi hari, namun kafein tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau refluks asam pada orang-orang tertentu.

“Kafein itu sendiri dapat menyebabkan melonggarnya esofagus bagian bawah, atau mengendurnya sfingter esofagus bagian bawah, yang merupakan pintu antara esofagus dan lambung,” kata Harmony Allison, asisten profesor gastroenterologi di Tufts Medical Center.

Baca juga: Apa Iya Makan Setelah Jam 8 Malam Seburuk Itu Untuk Kesehatan?

Jortberg menjelaskan, kafein tidak hanya melemahkan penghalang antara kerongkongan dan lambung, tetapi kopi merangsang produksi asam lambung.

Kombinasi ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung, atau isi lambung kembali ke kerongkongan. Akibatnya, orang biasanya mengalami sakit maag.

Yang penting, Allison menambahkan, orang-orang yang mengalami gejala-gejala mengganggu ini setelah minum kopi bisa saja mengalaminya meski ada makanan di perutnya.

“Beberapa orang menganggap hal itu adalah pemicunya, sehingga mereka merasa tidak nyaman—ini tidak berbahaya, hanya saja rasanya tidak enak,” katanya.

Namun, ada masalah lain yang bisa terjadi saat minum kopi saat perut kosong. Pertama, keasaman kopi bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. “Kopi memiliki pH sekitar lima dan perut sebenarnya memiliki pH empat,” kata Allison.

Jika seseorang minum kopi saat perut kosong, hal itu justru bisa membuat perutnya semakin asam, jelas Allison. Hal ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama bagi mereka yang menderita esofagitis, tambahnya.

Namun, memasukkan makanan ke dalam perut sebelum minum kopi akan menghilangkan masalah keasaman atau pH, kata Allison. Kopi juga memiliki efek lain pada tubuh, seperti peningkatan buang air kecil atau rangsangan usus.

“Bagi sebagian orang, hal itu memang menyebabkan rangsangan pada otot polos. Mereka mungkin buang air besar setelah minum kopi atau terlalu banyak kopi, yang bisa membuat tidak nyaman,” ucap Allison.

Leave a Reply