Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 21, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Daftar 10 Jurusan Kuliah yang Paling Disesalkan

Ilustrasi jurusan kuliah yang banyak disesalkan - college.Ilustrasi jurusan kuliah yang banyak disesalkan - college.(Dok. Niche)

Topcareer.id – Menurut survei ZipRecruiter, sebanyak 44% dari semua pencari kerja yang memiliki gelar sarjana menyesali pilihan jurusan kuliah mereka. Perasaan pencari kerja terhadap jurusan kuliahnya sangat terkait dengan prospek kerjanya kelak.

Jurusan kuliah yang paling disesalkan adalah jurnalisme, yang kemudian disusul sosiologi, dan seni liberal. Sementara ada juga lulusan paling bahagia, yakni mereka yang mengambil jurusan ilmu komputer, kriminologi, dan teknik.

“Pada kedua kelompok, 72% akan memilih jurusan yang sama lagi jika mereka harus melakukannya sekarang,” tulis ZipRecruiter di laman resminya pada 2022 lalu.

Jurusan lain yang cenderung tidak disesali oleh para lulusan adalah bidang kuantitatif, seperti teknik, perawatan kesehatan, bisnis, dan keuangan.

Lulusan ilmu komputer sangat diminati di berbagai industri, mulai dari sains, teknologi, hingga konsultasi dan manajemen. Mereka mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi, dengan gaji tahunan rata-rata hampir USD100.000, menurut BLS.

Dalam setiap bidang, responden dengan bayaran paling tinggi cenderung lebih senang dengan pilihan jurusan perguruan tinggi mereka. Di antara lulusan komunikasi, lulusan yang puas dengan bidangnya memperoleh penghasilan 1,6 kali lebih besar dibandingkan mereka yang memilih jurusan lain.

Baca juga: Trik Sukses Lolos Wawancara Beasiswa, Cek Daftar Pertanyaan Pentingnya

Hal yang sama berlaku untuk lulusan manajemen pemasaran dan penelitian: mereka yang puas dengan pilihan utama mereka menghasilkan 3 kali lebih banyak dibandingkan mereka yang menyesal.

Di antara lulusan yang menyesali jurusan mereka, jurusan teratas yang ingin mereka pilih adalah ilmu komputer (dipilih oleh 13%) dan administrasi bisnis (dipilih oleh 11%). Ilmu komputer kurang populer di kalangan wanita.

Hanya 8% perempuan yang menyesali jurusan mereka dan berharap mereka belajar ilmu komputer, dibandingkan dengan 19% laki-laki.

Berikut ini daftar jurusan yang paling disesali menurut ZipRecruiter:

1. Jurnalisme – 87%
2. Sosiologi – 72%
3. Seni liberal – 72%
4. Komunikasi – 64%
5. Edukasi – 61%
6. Manajemen pemasaran – 60%
7. Bantuan medis – 58%
8. Ilmu politik dan pemerintahan – 56%
9. Biologi – 52%
10. Bahasa Inggris – 52%

Leave a Reply