Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bakal Ada Insentif Bagi Penyelenggara Event Kelas Internasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno sebut pemerintah akan berikan insentif bagi penyelenggara event kelas internasional.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno sebut pemerintah akan berikan insentif bagi penyelenggara event kelas internasional. (dok. Kemenparekraf)

Topcareer.id – Demi menghadirkan berbagai event kelas internasional, terutama konser-konser yang menghadirkan musisi kelas dunia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah menyiapkan insentif bagi pelaku parekraf di Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkeraf), Sandiaga Uno bahkan bahas potensi kolaborasi antara Indonesia dan Singapura dalam menghadirkan berbagai event kelas internasional tersebut setelah Singapura berhasil gelar konser Taylor Swift baru-baru ini.

Karena berkaca dari penyelenggaraan konser penyanyi Taylor Swift di Singapura baru-baru ini, perekonomian Singapura mengalami peningkatan karena pengeluaran para penonton konser ini lima kali lipat lebih besar dibanding wisatawan biasa.

Pemerintah Indonesia saat ini tengah menyiapkan Indonesia Tourism Fund sebagai penyedia dana pendamping dan insentif bagi pelaku parekraf di Tanah Air.

“Strateginya kita menawarkan insentif khusus bagi para promotor atau event organizer yang akan mendatangkan atraksi internasional di Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga dalam siaran pers, dikutip Selasa (12/3/2024).

Lebih lanjut Sandiaga menjelaskan bahwa insentif ini tidak terbatas pada penyelenggaraan konser musik saja, namun juga untuk penyelenggaraan event kebudayaan dan olahraga.

Baca juga: Pemerintah Pemudah Pengurusan Izin Event Konser, Cukup Online

Selain insentif, Menparekraf Sandiaga menuturkan pihaknya akan bekerja sama lintas kementerian dan lembaga untuk menyiapkan infrastruktur penunjang, digitalisasi perizinan, peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan pemberantasan calo untuk meningkatkan persaingan Indonesia dengan negara Asia Tenggara lain dalam menghadirkan event-event berkelas internasional.

“Kami meyakini dengan digitalisasi perizinan konser atau perizinan satu pintu, promotor tidak akan mengalami kesulitan dan dapat mengeluarkan biaya yang lebih murah selama pengajuan izin. Mekanisme ini juga akan memangkas alur perizinan serta membuat proses yang ada menjadi lebih transparan,” papar Sandiaga.

Meski demikian, Sandiaga mengungkapkan musisi nasional sebenarnya juga tidak kalah berkualitas dengan musisi-musisi internasional.

Terlebih, Indonesia memiliki banyak festival-festival musik yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga musisi lokal juga berkesempatan mendapat panggung di negeri sendiri.

“Banyak juga musisi Indonesia dan internasional yang berkolaborasi seperti konser Coldplay di Jakarta dan Jonas Brothers di ICE BSD. Kita harus mampu meningkatkan kapasitas kompetensi musisi nasional melalui pengembangan teknologi, akses digitalisasi, maupun strategi pemasaran yang inovatif melalui pemanfaatan platform digital,” ujar Sandiaga.

Leave a Reply