Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Rekrutmen CASN 2024 Juga Prioritaskan Pemenuhan Auditor

Ilustrasi Selain membuka porsi fresh graduate dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, pemerintah juga memperioritaskan pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) seperti auditor.Ilustrasi selain membuka porsi fresh graduate dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, pemerintah juga memperioritaskan pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) seperti auditor. (dok. Kementerian PANRB)

Topcareer.id – Selain membuka porsi fresh graduate pada rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, pemerintah juga memperioritaskan pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) seperti auditor, dan SDM Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyampaikan, SDM APIP yang dapat direkrut oleh instansi pemerintah antara lain auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah (P2UPD).

“Karena hampir di seluruh daerah sekarang kekurangan auditor, oleh karena itu kami minta auditor dipersiapkan di formasi dengan baik,” kata Anas melalui keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).

Instansi pemerintah, baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, juga dapat memanfaatkan ketersediaan formasi dengan mengusulkan ASN untuk penyiapan SDM ASN ke IKN. Dengan demikian, usulan formasi mampu memenuhi proyeksi kebutuhan nasional.

Baca juga: Rekrutmen CASN 2024, Menteri PANRB: Porsi Fresh Graduate Cukup Besar

Pengisian ASN yang akan ditempatkan di IKN rencananya bersumber dari pemindahan ASN kementerian/lembaga satuan kerja pusat dan formasi CPNS khusus IKN di tahun 2024.

Selain itu juga terdapat kebijakan afirmatif untuk memberikan kuota khusus untuk putra-putri terbaik di wilayah Kalimantan Timur serta mutasi pegawai ASN pemda di wilayah Kalimantan Timur.

“Arahan Presiden meminta ada formasi yang dialokasikan untuk IKN, khusus untuk IKN dapat mengajukan afirmasi untuk penduduk setempat,” pungkasnya.

Saat ini, Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebesar 1,38 juta; dan sudah ditetapkan formasinya sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate; serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Leave a Reply