Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

PLN Beri Tips Hindari Potensi Bahaya Listrik Saat Cuaca Ekstrem

Ilustrasi tips menghindari potensi bahaya listrik pada periode cuaca ekstrem. (dok. PLN)Ilustrasi tips menghindari potensi bahaya listrik pada periode cuaca ekstrem. (dok. PLN)

Topcareer.id – Potensi cuaca ekstrem masih menghantui. Untuk itu, masyarakat diminta untuk lebih waspada akan bahaya bencana hidrometeorologi terkait cuaca ekstrem, seperti banjir. PLN mengimbau masyarakat aktif melaporkan ke PLN jika ada banjir atau potensi bahaya listrik lainnya.

“Kami imbau kepada masyarakat kalau ada hal-hal yang berpotensi membahayakan. Misalnya pohon yang mendekati jaringan dan berpotensi menimpa jaringan mohon diinformasikan ke tim kami di PLN, melalui PLN Mobile atau ke kantor layanan PLN terdekat, sehingga kami bisa secepatnya melakukan perabasan,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN Gregorius Adi Trianto.

Dalam pers rilis, Gregorius juga mengimbau, ketika terjadi hujan lebat yang menyebabkan banjir, PLN terpaksa harus melakukan penghentian aliran listrik sementara. Hal tersebut dilakukan untuk mengutamakan keselamatan pelanggan dan menghindari kerusakan pada jaringan listrik.

Ada beberapa tips untuk menghindari potensi bahaya listrik di tengah cuaca ekstrem, menurut PLN:

1. Segera matikan listrik melalui Miniature Circuit Breaker (MCB) kWh Meter ketika air hujan mulai memasuki rumah atau saat kebocoran air di dekat aliran listrik;

Baca juga: BMKG Sebut Ini Alasan Aplikasi Prakiraan Cuaca Sering Meleset

2. Kemudian cabut peralatan elektronik dari stop kontak dan segera pindahkan ke tempat yang aman serta tidak terjangkau air. Pastikan kedua tangan atau tubuh dalam kondisi kering saat melakukan aktivitas ini.

3. Jangan lupa untuk menggunakan alat pengaman diri, seperti sepatu anti air apabila kondisi hujan deras atau banjir saat sedang beraktivitas di dalam maupun luar rumah.

4. Antisipasi kerusakan dan kebocoran instalasi dengan melakukan peremajaan atau pembaruan instalasi di bangunan atau rumah.

Hal tersebut dapat mengurangi potensi bahaya listrik saat hujan dari sisi instalasi pelanggan.

“Langkah ini agar masyarakat terhindar dari potensi bahaya listrik karena air merupakan konduktor yang kuat. Mari kita tingkatkan kewaspadaan kita khususnya saat terjadi hujan lebat yang berpotensi banjir,” tutup Gregorius.

Masyarakat juga dapat melaporkan kejadian gangguan kelistrikan maupun potensi gangguan akibat hujan melalui berbagai kanal yang telah disediakan antara lain aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123, atau menghubungi kantor PLN terdekat.

Leave a Reply