Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bandara Soekarno-Hatta Peringkat 28 dari 100 Bandara Terbaik di Dunia

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta masuk peringkat 28 dari 100 bandara terbaik di dunia. (dok. AP II)Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta masuk peringkat 28 dari 100 bandara terbaik di dunia. (dok. AP II)

Topcareer.id – Dalam publikasi daftar 100 bandara terbaik dunia 2024 dari Skytrax (World’s Top 100 Airport 2024) pada 17 April 2024, Bandara Soekarno-Hatta ditetapkan berada di peringkat 28 dunia atau naik 15 peringkat dari sebelumnya, di posisi 43 pada 2023.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Agus Wialdi mengatakan peringkat 28 dunia adalah posisi tertinggi Bandara Soekarno-Hatta sepanjang sejarah.

“Pencapaian ini berkat kerja keras seluruh stakeholder serta dukungan penuh dari masyarakat, Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan,” kata Agus Wialdi melalui keterangan tertulsi, dikutip Jumat (19/4/2024).

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membawa Bandar udara Soekarno-Hatta berada di peringkat terbaiknya, yakni peringkat 28 dunia dan peringkat 5 untuk kategori bandara dengan jumlah penumpang 60 – 70 juta penumpang per tahun,” tambahnya.

Pencapaian ini sekaligus memenuhi target AP II, yang sebelumnya mencanangkan Bandar Udara Soekarno-Hatta bisa menembus 30 besar peringkat terbaik dunia.

Sementara itu dalam daftar bandara terbaik 2024 kategori 60 – 70 juta penumpang per tahun (Best Airports 2024: 60 to 70 Million Passengers), Bandara Soekarno-Hatta bercokol di peringkat 5 dunia.

Baca juga: Daftar 10 Bandara Paling Tepat Waktu Di Dunia Pada 2023

Daftar bandara terbaik dunia ini ditetapkan Skytrax melalui asesmen terhadap sekitar 500 bandara di dunia, serta melibatkan pelanggan yang berasal dari lebih dari 100 negara untuk menilai 44 titik pelayanan di bandara.

Lebih lanjut, Agus Wialdi menuturkan keberhasilan Bandar Udara Soekarno-Hatta juga terkait dengan program Transformasi Soekarno-Hatta yang dijalankan pada 2023.

Pada 2023, Menteri BUMN Erick Thohir membentuk Tim Percepatan Transformasi Pelayanan, Bisnis, Dan Operasi di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Fokus tim tersebut antara lain pada Airport Expression (meningkatkan keindahan interior bandara), lalu Operational & Commercial Excellence (meningkatkan aspek operasional dan komersial bandara), kemudian Customer Experience (meningkatkan pengalaman penumpang pesawat di bandara), Digital Exploration (mengadopsi digitalisasi untuk pelayanan dan operasional di bandara) dan Enroute Expansion (penambahan kapasitas penerbangan).

“Melalui program transformasi yang dicanangkan Kementerian BUMN sejak 2023, Soekarno-Hatta semakin sejajar dengan bandara-bandara terbaik di dunia dan mampu meningkatkan pelayanan, operasional dan komersial sehingga peringkat dunia jauh lebih baik pada 2024,” jelas Agus Wialdi.

Leave a Reply