Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Daftar 10 Kota Cerdas di Dunia, Kebanyakan Ada di Eropa

Ilustrasi kota Zurich di Swiss, peringkat satu kota cerdas di dunia.Ilustrasi kota Zurich di Swiss, peringkat satu kota cerdas di dunia. (Pexels)

Topcareer.id – Menurut Indeks Kota Cerdas 2024 (Smart City Index) yang dirilis pada April, dari 10 kota daftar teratas kota pintar, tujuh di antaranya berada di Eropa. Laporan ini memeringkat 142 kota cerdas di seluruh dunia berdasarkan data yang dianalisis peneliti.

Indeks tahun ini dihasilkan oleh Smart City Observatory milik IMD World Competitiveness Center yang bekerja sama dengan World Smart Sustainable Cities Organization (WeGO) yang berbasis di Seoul, Korea Selatan.

Studi ini memberikan gambaran tentang bagaimana infrastruktur dan teknologi yang tersedia di suatu kota berdampak pada kinerja kota dan kualitas hidup penduduknya.

Mengutip CNBC Make It, kota pintar menurut IMD didefinisikan sebagai “suatu lingkungan perkotaan yang menerapkan teknologi untuk meningkatkan manfaat dan mengurangi kekurangan urbanisasi bagi warganya.”

Dengan sedikit pengecualian, kota-kota yang berada di peringkat 20 besar secara geografis terletak di wilayah yang lingkungan sosial dan ekonominya relatif dapat diprediksi, bahkan dalam menghadapi iklim ketidakpastian global secara keseluruhan.

Kota-kota yang memiliki kinerja baik dalam daftar tersebut juga telah mengembangkan inisiatif yang memenuhi kualitas hidup warganya secara keseluruhan.

Baca juga: Ini Satu Tanda Halus Seseorang Sangat Cerdas Menurut Psikoterapis

“Inisiatif-inisiatif tersebut misalnya berfokus pada pengembangan ruang hijau dan memperluas peluang untuk acara budaya dan ikatan sosial,” menurut laporan tersebut, dikutip CNBC Make It.

Berikut 10 kota pintar teratas menurut Indeks Kota Cerdas 2024.

  1. Zürich, Swiss
  2. Oslo, Norwegia
  3. Canberra, Australia
  4. Jenewa, Swiss
  5. Singapura
  6. Kopenhagen, Denmark
  7. Lausanne, Swiss
  8. London, Inggris
  9. Helsinki, Finlandia
  10. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Meskipun kota-kota di Eropa mendominasi daftar tersebut, kota-kota di Asia juga mengalami peningkatan.

Berikut 5 kota pintar teratas di Asia:

Singapura (5)
Beijing (13)
Kota Taipei (peringkat 16)
Seoul (17)
Shanghai (19)

Leave a Reply