Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Syarat dan Cara Gampang Dapat Beasiswa Pelatihan Prakerja 2024

Ilustrasi program pelatihan Prakerja 2024.Ilustrasi program pelatihan Prakerja 2024.

Topcareer.id – Pada 2024, pelatihan Prakerja kembali membuka akses pembuatan akun di laman prakerja.go.id. Untuk tahun ini, Prakerja melanjutkan pembukaan gelombang dengan skala normal. Pembuatan akun Prakerja terbuka untuk segala kalangan.

Sejak diluncurkan pada 2020, hingga saat ini manfaat Prakerja telah dirasakan oleh 17,5 juta orang dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia.

Berdasarkan hasil riset dan evaluasi dari berbagai lembaga riset independen menunjukkan bahwa Prakerja memberikan impact signifikan terhadap terhadap peningkatan kualitas SDM.

“Salah satunya hasil penelitian dari J-PAL Southeast Asia menunjukkan Prakerja meningkatkan pendapatan penerima, meningkatkan peluang mendapat pekerjaan baru, meningkatkan peluang memiliki usaha, dan mendorong penggunaan sertifikat pelatihan dalam mencari kerja,” kata Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Lydia Maria Kusnadi dalam rilisnya.

Untuk diketahui, skema normal ini punya besaran beasiswa mencapai Rp 4,2 juta per individu, total ini terbagi menjadi biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif dana pasca pelatihan Rp600 ribu yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Baca juga: Jawab Peluang Green Job, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

Berikut ini cara pembuatan akun Prakerja dengan cara yang mudah:

  1. Buka situs www.prakerja.go.id.
  2. Pilih menu “Daftar” jika belum memiliki akun.
  3. Daftarkan dan isi data diri, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi.
  4. Jika sudah memiliki akun, pilih “Masuk” menggunakan email dan password.
  5. Selanjutnya, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  6. Jika gelombang pendaftaran telah dibuka, klik “Gabung Gelombang”.

Adapun untuk dapat menerima beasiswa pelatihan melalui program reguler pembukaan gelombang Prakerja, terdapat beberapa syarat tambahan di antaranya:

  1. WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Lydia pembukaan akun di Prakerja.go.id terbuka untuk umum tanpa memandang latar belakang pekerjaan, bahkan mahasiswa juga dapat membuat akun.

Leave a Reply