Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 22, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Masuk Kerja Hari Pertama

Ilustrasi hindari 5 kesalahan ini saat masuk kerja di minggu-minggu pertama.Ilustrasi hindari 5 kesalahan ini saat masuk kerja di minggu-minggu pertama. (Pexels)

Topcareer.id – Meski kamu sudah dinyatakan lolos segala tahap rekrutmen dan siap kerja, evaluasi tetap belum selesai. Untuk itu, penting menjaga sikap dan ucapan saat masuk kerja di minggu-minggu pertama karena kesalahan sedikit saja bisa menimbulkan kesan buruk.

Selain itu, karyawan baru akan dinilai rekan kerja lain pada minggu pertama kerja seberapa cocok kamu dengan tim. Untuk memastikan kesan yang bagus dan diterima dengan positif, baiknya kamu tidak melakukan beberapa hal ini pada minggu pertama masuk kerja.

1. Datang terlambat

Datang terlambat ke kantor di hari pertama kerja apalagi saat itu ada meeting, sudah pasti yang tertanam padamu hanya kesan buruk dalam manajemen waktu.

Mary Abbajay, presiden konsultan pengembangan kepemimpinan Careerstone Group menyarankan untuk memperhitungkan waktu yang mungkin kamu habiskan, luangkan waktu setidaknya setengah jam lebih lama dari yang kamu perlukan untuk berangkat kerja atau rapat.

2. Sok tahu

Gorick Ng, penasihat karier Harvard mengatakan bahwa kamu mungkin berpikir bahwa menunjukkan apa yang salah atau apa yang tidak sejalan akan menunjukkan kompetensimu. Namun, terlalu percaya diri pada keahlianmu sendiri akan membuatmu lebih banyak mendapat musuh daripada teman.

Sekalipun secara pribadi yakin bahwa cara perusahaan barumu bekerja dengan sistem yang ketinggalan zaman, tetaplah berpikiran terbuka dan penuh rasa ingin tahu.

Baca juga: Tanda-Tanda Kamu Cuma Dianggap “Lebah Pekerja,” Nggak Akan Dipromosikan

3. Tidak mengikuti aturan berpakaian

Pakaian yang pantas dikenakan untuk suatu pekerjaan bisa berbeda-beda, jadi jangan berasumsi T-shirt dan jeans bisa digunakan. “Berpakaian tidak pantas juga merupakan kesalahan yang menurut saya dilakukan orang-orang,” kata Abbajay, dikutip laman HuffPost.

Jika mereka belum memberi tahu Anda apa yang boleh dan tidak boleh dikenakan, Anda harus bisa mencarinya. Seringkali, buku pegangan karyawan menguraikan kebijakan aturan berpakaian. Anda juga dapat bertanya kepada atasan atau anggota tim baru Anda, “Apa aturan berpakaian umum di sini?” saran Abbasay.

4. Berbagi/sharing secara berlebihan

“Saya bekerja dengan wanita ini ketika kami masih menjadi rekan kerja baru. Dan saat pertama kali kami mengerjakan suatu tugas bersama, dia bercerita kepada saya banyak hal tentang kehidupan pribadinya, seperti bagaimana dia meninggalkan suami pertamanya,” kata Abbajay.

“Semua hal ini benar-benar membuatku ingin menghindarinya… itu terlalu berlebihan dan terlalu cepat.”

5. Bergosip

Ketika kamu bergabung dengan sebuah perusahaan, kamu juga bergabung dengan budayanya, di mana ada kelompok-kelompok yang bertikai.

Berhati-hatilah untuk tidak terlibat jika kamu terlibat dalam gosip tentang anggota tim lainnya. “Jangan menyelaraskan dirimu dengan kelompok manapun di minggu pertamamu,” kata Abbajay.

Leave a Reply