Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Indonesia-Microsoft Jalin Kerja Sama Pengembangan SDM dan Teknologi

Delegasi Microsoft berkunjung ke Istana Negara temui Presiden Joko Widodo, Selasa (30/4/2024).Delegasi Microsoft berkunjung ke Istana Negara temui Presiden Joko Widodo, Selasa (30/4/2024). (dok. Setkab)

Topcareer.id – Delegasi Microsoft kunjungi Istana Negara temui Presiden Joko Widodo pada Selasa (30/4/2024) untuk bahas kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi, khususnya dalam kecerdasan buatan (Artificial intelligence/AI).

“Tadi sudah bicara dengan Pak Presiden mengenai pengembangan sumber daya manusia dan membangun pusat riset bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia, terutama dalam pembentukan digital talent terutama dalam bidang AI, termasuk membuka pusat riset di Indonesia,” ujar Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dalam keterangan pers usai pertemuan.

Lebih lanjut Budi menjelaskan bahwa Microsoft memiliki pusat penelitian dan pengembangan Asia-Pasifik yang diharapkan dapat dibangun juga di Indonesia. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam membangun smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Microsoft punya Asia Pacific Research and Development Center. Pak Presiden meminta agar salah satunya dibangun di Indonesia, tempatnya terserah, ada beberapa daerah, termasuk di IKN, Bali, tawarannya itu,” ujar Budi.

Baca juga: 3 Cara Percepat Kemajuan Kesetaraan Gender Di Tempat Kerja

Selain itu, Budi menyampaikan bahwa pertemuan tersebut membahas mengenai pengembangan teknologi AI dalam bidang pertanian dan perikanan di Indonesia. Budi menyebut, Presiden Jokowi terus mendukung kerja sama antara Microsoft dengan pemerintah Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menyatakan CEO Microsoft Satya Nadella telah menyampaikan tujuan untuk mengembangkan bisnis bidang teknologi di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo.

“Pak Satya Nadella sudah bertemu dengan Presiden ingin menyampaikan komitmen terhadap pengembangan bisnis Microsoft dan investasi teknologi di Indonesia yang nanti akan diumumkan di JCC,” ujarnya.

CEO Microsoft Satya Nadella dijadwalkan akan menghadiri Microsoft Build AI Day di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta Pusat. Kegiatan yang dihadiri Menkominfo Budi Arie dan Menteri Kabinet Indonesia Maju itu akan membahas pengembangan bisnis Microsoft di Indonesia.

Leave a Reply