Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Cara Manfaatkan Instagram untuk Mencari Kerja

Ilustrasi cara memanfaatkan Instagram untuk mencari kerja.Ilustrasi cara memanfaatkan Instagram untuk mencari kerja. (Pexels)

Topcareer.id – LinkedIn merupakan platform media sosial yang memang peruntukan menjalin koneksi profesional dalam bekerja, termasuk untuk mencari pekerjaan. Tapi, ternyata Instagram juga bisa jadi media sosial untuk mencari kerja.

Pasalnya dalam laporan Jobvite 2020, secara mengejutkan Instagram mengalami lonjakan 20%, dengan 37% perekrut menggunakannya sebagai bagian dari pencarian kandidat yang tepat.

Menurut Kelly Lavin, Wakil Presiden Senior bidang Bakat di Jobvite, perekrut ingin mendapatkan lebih banyak gambaran pribadi tentang karyawannya, dan konten Instagram dapat memberi mereka pemahaman tentang siapa orang tersebut.

Berikut beberapa cara sederhana agar Instagram bisa membantu dalam mencari kerja, melansir laman Fast Company:

1. Periksa konten

Menurut Vicki Salemi, Pakar Karier di Monster.com, jika ingin menggunakan akun Instagram untuk mendapatkan pekerjaan, kamu harus mempublikasikannya, jadi periksa dulu kontennya. Pikirkan apakah hal itu mencerminkanmu sebagai seorang profesional.

Dalam beberapa kasus, mungkin masuk akal untuk membuat akun Instagram terpisah, tapi itu terasa tidak autentik, kalau menurut Lavin.

2. Tunjukkan keterampilan

Salemi menambahkan, jika kamu ingin menggunakan Instagram sebagai bagian dari pencarian kerja, penting untuk menunjukkan nilai-nilai dan pencarian profesional, keterampilan, dan pengalamanmu.

“Misalnya, jika setahun lalu kamu selesai menyelenggarakan konferensi yang dihadiri 1.000 orang dan mengelola anggaran serta vendor, posting fotomu dari tahun lalu yang mengatakan sesuatu seperti, ‘Sulit dipercaya ini terjadi satu tahun yang lalu! Banyak kerja keras tapi melihat hasil XYZ adalah kesuksesan yang manis,’” ujarnya. Jangan lupa pakai hashtag atau keyword acara tersebut.

3. Teliti perusahaan

Penelitian Jobvite menemukan bahwa pencari kerja memprioritaskan hal-hal terkait keberagaman dan inklusi, manfaat, dan fleksibilitas tempat kerja.

Baca juga: 3 Cara Percepat Kemajuan Kesetaraan Gender Di Tempat Kerja

“Kamu dapat dengan mudah mengetahui cara kerja perusahaan, seperti melihat foto kantor mereka,” kata Salemi.

Periksa isi foto dan pesannya. Apakah kamu melihat gambar dan postingan tentang bagaimana mereka mendukung pekerja jarak jauh atau memprioritaskan pengalaman karyawan? Kamu bisa mendapatkan petunjuk penting tentang perusahaan tersebut—dan melakukan penelitian latar belakang.

4. Keterlibatan

Setelah profilmu terbentuk, ikuti perusahaan yang kamu minati dan libatkan mereka, kata Corey Berkey, wakil presiden sumber daya manusia di JazzHR. “Ini benar-benar menciptakan cara berbeda dalam membangun hubungan tersebut,” katanya.

Menyukai (like) postingan perusahaan dan individu dengan cara yang tepat dan menambahkan wawasan atau percakapan yang berharga bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian, katanya.

5. Naikkan permainan hashtag#

Menelusuri hashtag seperti #nowhiring, #hiring, #loker, dan lainnya dapat menemukan berbagai peluang yang mungkin tidak kamu temukan sebelumnya. Dan, saat kamu mengikuti “perusahaan impian,” perhatikan hashtag yang mereka gunakan.

6. Biarkan algoritman bekerja untukmu

Semakin banyak kamu mengikuti jenis perusahaan tertentu, semakin banyak Instagram akan membantu. “Algoritma Instagram akan memberikan saran bagimu untuk mengikuti perusahaan serupa. Kamu juga dapat mengikuti asosiasi dan organisasi profesional di berbagai industri, yang merupakan cara terbaik untuk tetap mengikuti perkembangan baru, tren, dan banyak lagi,” kata Salemi.

Leave a Reply