Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Ibu Kota PindahSekolahTren

Universitas Gunadarma Bakal Hadir di IKN

Jokowi melakukan groundbreaking Universitas Gunadarma di IKN pada Selasa (4/6/2024). (ikn.go.id)

TopCareer.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 4 Juni 2024 lalu melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking untuk Universitas Gunadarma di kawasan Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam pernyataannya seperti dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (7/6/2024), Jokowi mengapresiasi pembangunan Universitas Gunadarma sebagai universitas pertama di IKN.

“Saya sangat menghargai, mengapresiasi universitas pertama yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara yaitu Universitas Gunadarma yang nanti akan mengambil program doktoral internasional yang bekerja sama dengan Universitas di Prancis, di Slovakia, di Swedia, dan lain-lainnya,” kata Jokowi.

Dikutip dari situs ikn.go.id, Kampus Program Doktor Internasional UG dikhususkan untuk program doktor internasional, dengan berkolaborasi dengan mitra perguruan tinggi di luar negeri.

Pembangunan Kampus Program Doktor Internasional UG akan dibangun diatas lahan sebesar 2,45 Ha dan investasi yang akan dikucurkan senilai Rp 75 Miliar.

“Pembangunan fasilitas pendidikan tinggi di Nusantara menunjukkan kesiapan IKN sebagai ibu kota baru Indonesia yang akan memberikan aspek livable and lovable city kepada seluruh lapisan masyarakat, terlebih dalam aspek akademik, ” kata Menteri PUPR sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Formasi Khusus Putra-Putri Kaltim Untuk ASN IKN

Rektor Universitas Gunadarma Prof. Margianti mengatakan, mereka bakal menyiapkan fasilitas terbaik di Kampus Program Doktor Internasionalnya.

“Untuk mendukung kota cerdas berkelanjutan di IKN, UG akan memindahkan fasilitas superkomputer dari Kampus Jakarta ke Kampus Program Doktor Internasional ini,” ucap Prof. Margianti.

Tiga program doktor yang diprioritaskan di Kampus Program Doktor Internasional Universitas Gunadarma adalah Doktor Teknologi Informasi, Doktor Ilmu Psikologi, dan Doktor Ilmu Ekonomi.

Program Doktor Internasional juga didukung beberapa Pusat Unggulan dan Teknologi terkini, di antaranya Center of Human and Technology dan High Performance Computing Laboratory yang dilengkapi dengan superkomputer.

Kampus Universitas Gunadarma di IKN ini juga diklaim akan menerapkan penerapan smart building, salah satunya implementasi digital twin for real time site monitoring. Sistem yang terpasang pada command center tersebut dapat memonitor parameter bangunan dan aktivitas publik di dalam dan di luar bangunan kampus.

Leave a Reply