Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, June 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Cara Buat Akun PPDB Jateng 2024 SMA/SMK

PPDB Jateng 2024 SMA/SMK

TopCareer.id – Serangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru Jawa Tengah atau PPDB Jateng 2024 untuk SMA dan SMK sudah dimulai hari ini, Selasa (11/6/2024), dengan pembuatan akun dan verifikasi berkas.

Untuk rangkaian pembuatan dan aktivasi akun hingga verifikasi berkas, digelar pada 11 sampai 24 Juni 2024. Pembuatan akun untuk PPDB Jateng sendiri dimulai 00.00 sampai 23.59 WIB.

Mengutip informasi di akun Instagram @pdkjateng, pembuatan akun bukan berarti bisa langsung mendaftar. Pembuatan akun ini bertujuan agar calon peserta didik (CPD) memiliki akun untuk login ke situs ppdb.jatengprov.go.id. Setelah itu, barulah dilakukan aktivasi akun.

Perlu diingat bahwa pembuatan dan aktivas akun dilakukan secara mandiri dan daring/online, sehingga tidak perlu ke sekolah.

Proses berikutnya adalah verifikasi berkas yang dilakukan di SMA/SMK Negeri yang dituju atau di SMA/SMK Negeri terdekat di jam layanan yaitu Senin-Kamis pukul 08.00-15.30 dan Jumat 08.00-15.00. Hari terakhir untuk verifikasi berkas dan aktivasi akun adalah 24 Juni 2024, yang ditutup pada 15.30 WIB.

Baca Juga: Syarat, Jadwal, Dan Cara Daftar PPDB Jabar 2024

Cara bikin akun PPDB Jateng 2024 Jenjang SMA dan SMK

Berikut ini yang harus dilakukan untuk membuat akun PPDB Jateng 2024 untuk jenjang SMA dan SMK:

  1. Masuk ke ppdb.jatengprov.go.id
  2. Pilih jenis sekolah SMA atau SMK
  3. Klik “Ajuan Akun”
  4. Masukkan data-data yang dibutuhkan seperti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sekolah asal, jenis lulusan, tahun lulus, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan kode keamanan. Lalu klik “Lanjutkan.
  5. Masukkan data pribadi peserta sesuai petunjuk yang tersedia
  6. Unggah foto atau scan dari berkas-berkas yang dibutuhkan. Ukuran file maksimal 1 MB dengan format jpg, jpeg, png, atau pdf.
  7. Cek lagi data-data yang sudah diisi untuk memastikan sudah benar. Jika perlu pembetulan klik “Sebelumnya”
  8. Jika data sudah sesuai, klik centang setuju dan “Lanjutkan”
  9. Cetak Bukti Ajuan Akun PPDB Jateng 2024 yang dibawa ke sekolah saat verifikasi berkas
  10. Setelah ini, calon peserta didik wajib datang ke SMA dan SMK untuk melakukan verifikasi berkas

Informasi lebih lengkap mengenai PPDB Jateng 2024 bisa dicek melalui media sosial Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah atau situs ppdb.jatengprov.go.id. Sementara melihat apa saja berkas yang harus diverifikasi sekolah, dapat merujuk langsung ke Petunjuk Teknis PPDB Jateng 2024.

Leave a Reply