Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Ibu Kota PindahTren

47 Tower ASN di IKN Rampung November 2024

Ilustrasi ASN yang pindah ke IKN pada tahap pertama akan mendapat tunjangan pionir.Ilustrasi ASN yang pindah ke IKN pada tahap pertama akan mendapat tunjangan pionir. (dok. Kementerian PANRB)

TopCareer.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) juga dilihat berdasarkan ketersediaan hunian.

Dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta Senin awal pekan ini, Anas menyebut berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian PPN/Bappenas, terdapat 47 tower yang selesai dibangun hingga November 2024.

“Nanti dari 47 tower itu, sebanyak 29 tower akan diisi ASN, lalu sebagian lainnya diisi TNI/Polri,” kata Anas, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Anas merinci, pada 29 tower yang akan dihuni ASN, pada Juli 2024 akan jadi delapan tower dengan total 48 unit, dan pada September 2024 akan ada 14 tower, yang berarti berjumlah 480 unit. Sementara pada November 2024 akan ada tujuh tower dengan total 420 unit.

Baca Juga: Upacara HUT Ke-79 RI Bakal Digelar Di IKN Dan Jakarta

Lebih lanjut, Anas mengatakan, untuk JPT Madya (eselon I) akan diberikan satu unit. Bagi ASN yang belum berkeluarga, satu unit yang terdiri dari tiga kamar akan diisi oleh tiga ASN.

“Kami telah membuat skenario lebih detil termasuk siapa saja ASN yang akan pindah by name. Jadi setiap kementerian siapa saja yang akan pindah juga sudah ada datanya sesuai dengan ketersediaan hunian,” kata Anas.

Ia mencontohkan, untuk Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi pada September 2024 akan ada 43 unit hunian, lalu November 2024 ada 17 unit sehingga totalnya 60 unit. Lalu Kementerian Dalam Negeri, ada 70 unit hunian di September, 28 unit di November, dan lain-lain.

Anas mengatakan, pemerintah juga telah membuat skenario terkait sistem kerja dan tempat kerja bagi ASN yang juga telah dibahas bersama Menteri PUPR.

“Misalnya ada 4 gedung Kemenko. Kemenko 1 nanti akan berkantor sebanyak berapa menteri, berapa jumlah eselon I-nya, sudah disampaikan data-datanya,” pungkas Menpan Anas.

Leave a Reply