Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Unair Buka Prodi Kedokteran di Banyuwangi

FIKKIA Unair Banyuwangi resmi buka Prodi Kedokteran (banyuwangikab.go.id)

TopCareer.id – Universitas Airlangga (Unair) resmi membuka Program Studi Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) di Banyuwangi. Pendaftaran mahasiswa baru sudah dibuka sejak 9 Juli sampai 1 Agustus 2024.

“Alhamdulilah Prodi Kedokteran FIKKIA Unair Banyuwangi sudah resmi dibuka. Unair menjamin kualitas pendidikan di Banyuwangi setara dengan Fakultas Kedokteran Unair Surabaya,” kata Dekan FIKKIA Unair Banyuwangi, Soetojo, Kamis (11/7/2024).

“Jadi nantinya lulusan mahasiswa kedokteran di Banyuwangi sama dengan di Surabaya,” imbuhnya seperti dikutip dari keterangan tertulis di laman Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Untuk masa studi selama 4 tahun dengan lokasinya digelar di Kampus Mojopanggung dan Giri. RSUD Blambangan dan RSUD Genteng Banyuwangi juga menjadi rumah sakit pendidikan mereka.

Baca Juga: Pernikahan Dini Tingkatkan Potensi Kanker Serviks Lebih Besar? Ini Kata Dosen UNAIR

Soetojo menjelaskan FIKKIA Unair Banyuwangi memiliki 29 dosen, serta pendampingan langsung dan dukungan dosen pengajar senior dari FK Unair Surabaya.

Kampus juga dilengkapi laboratorium seperti anatomi, keterampilan medis, fisiologi, biokimia, patologi, parasit, bateriologi-mikrobiologi, yang terintegrasi di Laboratorium Terpadu.

Bidang unggulan yang ditawarkan adalah kedokteran wisata, yang punya tujuan mencetak dokter profesional dan andal di berbagai medan dan situasi.

“Ini didukung dengan laboratorium alam yang ada di Banyuwangi kawasan Ijen Geopark yang memiliki berbagai wisata seperti Alas Purwo, Gunung Ijen, Pulau Merah, Teluk Hijau, Meru Betiri, dan lainnya dengan berbagai kasus kedokteran wisata,” kata Soetojo.

Buka Kuota 50 Mahasiswa Baru

Sebagai awalan, Prodi Kedokteran membuka kuota 50 mahasiswa baru untuk tahun 2024. Pendaftaran tahun ini hanya dibuka melalui jalur Mandiri karena pembukaan izin program studi baru dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada 2 Juli 2024.

Jalur Mandiri yang dimaksud adalah Seleksi Mandiri Reguler Tes Tertulis. Pelaksanaan tes berupa Tes Potensi Akademik (TPA), Ujian tulis mata pelajaran biologi dan kimia secara luring di Kampus UNAIR Surabaya.

Bagi yang tertarik dapat mendaftar melalui https://fikkia.unair.ac.id/event/info-daftar-kedokteran-fikkia-unair-banyuwangi/

Kehadiran prodi kedokteran ini menambah daftar prodi di FIKKIA Unair Banyuwangi, setelah Akuakultur, Kesehatan Masyarakat, dan Kedokteran Hewan.

Leave a Reply