Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Piala Presiden 2024 Siap Digelar Mulai 19 Juli

PSSI mengumumkan Piala Presiden siap bergulir mulai 19 Juli 2024 di Bandung. (Dok. PSSI)

TopCareer.id – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan Piala Presiden akan digelar mulai Jumat pekan ini, 19 Juli 2024 di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jawa Barat.

Dalam Piala Presiden 2024, hadiah untuk tim juara akan lebih besar dibandingkan pada edisi-edisi sebelumnya. Pemenang akan mendapatkan uang senilai Rp 5 miliar.

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI menyebut pembukaan akan digelar di Bandung pada 19 Juli 2024.

“Insya Allah bapak Presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini juga memperbaiki animo masyarakat yang sekarang menunggu ada perbaikan di liga,” kata Erick dalam konferensi persnya Senin pekan ini.

“Panitia penyelenggara (Sterring Committee) Piala Presiden di bawah pak Maruarar Sirait sudah mengumpulkan dana besar. Hadiahnya Rp 5 M (untuk) juara satu,” katanya, mengutip siaran pers.

Baca Juga: Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia: Indonesia Gabung Grup C

Piala Presiden 2024 diikuti delapan tim Liga 1 yang dibagi ke dalam 2 grup, dengan masing-masing grup berisi empat tim. Mereka adalah Persija Jakarta, Persib Bandung, Bali United, Arema FC, Madura United, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar.

Piala Presiden tahun ini jadi gelaran keenam sejak pertama kali bergulir pada 2015. Di edisi perdana, Persib Bandung mencatatkan sejarah sebagai juara.

Pada edisi Piala Presiden berikutnya, Arema FC tiga kali keluar sebagai juara yaitu masing-masing pada 2017, 2019, dan 2022. Sementara di 2018, Persija Jakarta keluar sebagai pemenang.

Baca Juga: Piala AFF U-19 2024, Ini Jadwal Timnas Indonesia

Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait mengatakan dirinya sudah melaporkan roadmap Piala Presiden 2024 kepada Presiden Joko Widodo. Ia juga sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholders terkait, terkhusus soal keamanan dengan TNI dan Polri.

“Piala Presiden adalah role model dalam transparansi. Nanti tidak ada uang negara. Baik itu dari BUMN, APBN maupun juga dari APBD. Tetapi semuanya dari sponsor. Dari swasta murni karena kita ingin membangun industri olahraga,” ujarnya.

Baca Juga: Lisensi Hingga Gaji, Ini Fakta-Fakta Kerja Jadi Pelatih Sepak Bola

Maruarar Sirait mengatakan, hadiah untuk klub pemenang bisa didapat karena pergelaran Piala Presiden selalu mengedepankan transpransi. Seperti Piala Presiden sebelumnya, digandeng juga PricewaterhouseCoopers (PwC) untuk mengaudit perputaran uang di ajang pramusim ini.

“Nanti Piala Presiden 2024 juga akan kembali di audit. Di mana selama ini juga diaudit oleh PwC yang memang sangat kredibel. Kelasnya juga internasional sehingga Indonesia juga akan makin dipercaya oleh dunia dalam bidang olahraga,” kata Maruarar.

Leave a Reply