Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Ibu Kota PindahTren

Istana Garuda Jadi Nama Kantor Presiden di IKN

Desain Istana Garuda yang akan dibangun di daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Dok. Nyoman Nuarta/Kemenparekraf)

TopCareer.id – Pemerintah mengungkapkan bahwa Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) bernama resmi Istana Garuda. Ini diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono.

“Beliau (Presiden Joko Widodo) menyampaikan, ini Istana Garuda, bukan Kantor Presiden lagi, tapi namanya adalah Istana Garuda. Yang di bawah (Kantor Kepresidenan IKN), Istana Negara,” kata Basuki usai pertemuan internal di IKN, Senin (29/7/2024), seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Mengutip situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), bangunan ini didesain oleh I Nyoman Suarta, dengan bentuk burung garuda yang sedang mengepakkan sayapnya.

Pada 2022, Nyoman mengungkapkan bangunan ini dirancang sebagai “sesosok rumah” yang berasosiasi pada burung Garuda.

“Tidak hanya berhenti pada landmark sebuah kawasan, tetapi lebih sebagai perwujudan pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi. Perpaduan ketiganya selalu mewarnai keberadaan bangunan-bangunan ikonik di seluruh dunia,” ujarnya saat itu.

Baca Juga: 47 Tower ASN di IKN Rampung November 2024

“Desain Istana Garuda akan benar-benar ditransformasikan dan diwujudkan dalam sebentuk pola arsitektur dengan mempertimbangkan aspek-aspek estetik, nilai guna, serta manfaat bagi kemajuan dunia pariwisata Tanah Air,” pungkas Nyoman.

Burung Garuda dipilih sebagai desain karena kaitannya yang sangat erat dengan Indonesia, dengan berbagai perbedaan, segala silang pandang, segala keragaman adat istiadat dan perilaku, dan perbedaan kepercayaan dan agama. Garuda juga merupakan simbol persatuan, serta menjadi bagian dari lambang negara, Bhinneka Tunggal Ika.

“Presiden akan berkantor di Istana Garuda, seolah berada di garis depan untuk memimpin bangsa ini menggapai cita-cita, keadilan sosial, kemakmuran bersama,” kata Nyoman.

“Secara simbolik, peran ini mengandung bahasa keindahan, keramahtamahan, keteduhan kemandirian, serta kewibawaan sebagai pemimpin bangsa yang besar,” pungkasnya.

Nyoman pun mengklaim Istana Garuda akan menjadi istana presiden pertama di dunia yang dibangun sebagai sebuah karya seni. Sedangkan dari isi teknologi, bangunan ini akan menggunakan teknologi pembuatan patung yang telah dipatenkan.

Leave a Reply