Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Wamenkes: Maba Harus Jaga Kesehatan Mental

Dalam kuliah umum di UI, Wamenkes ingatkan maba untuk menjaga kesehatan mental (Dok. Kementerian Kesehatan)

TopCareer.id – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengingatkan pentingnya kesehatan mental bagi para mahasiswa baru (maba).

Hal ini dikatakan Dante saat memberikan kuliah umum terkait kesehatan mental bagi mahasiswa baru, dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru–PKKMB UI 2024 di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024).

Menurut Wamenkes, seperti dikutip dari situs Kemenkes Sehat Negeriku, kesehatan mental sangat penting bagi mahasiswa karena bisa mempengaruhi kinerja akademik, kualitas hidup, hingga hubungan sosial.

Usia mahasiswa, yakni 18 sampai 22 tahun, seringkali disebut sebagai masa pencarian jati diri, di mana banyak tekanan dan pengaruh eksternal yang dapat memengaruhi kondisi mental atau psikologis mereka.

Baca Juga: Kesehatan Jiwa Peserta PPDS Harus Dijaga

Untuk itu, memahami pentingnya menjaga kesehatan mental bisa jadi kunci keberhasilan mahasiswa dalam menjalani studi perkuliahan.

“Secara umum, mahasiswa baru akan mengalami yang namanya Kurva W, yakni dimulai dari Bulan Madu (permulaan kuliah), Culture Shock (banyak tugas, homesick), Penyesuaian Awal (mengelola waktu & pertemanan), Mental Isolation (pulang ke rumah dan banyak hal berubah), Penerimaan dan Integrasi (merasa menemukan rumah baru),” kata Wamenkes.

Dante mengatakan, kemampuan beradaptasi yang cepat sangat penting bagi mahasiswa, karena bukan yang terkuat atau terpintar yang paling akan bertahan, tetapi yang paling cepat menyesuaikan diri.

Dinamika pendidikan tinggi yang cepat dan tuntutan adaptasi yang tinggi bisa menjadi salah satu faktor penyebab masalah kesehatan mental pada mahasiswa.

Leave a Reply