Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
LifestyleTren

Rendang Jadi Google Doodle Hari Ini, Kenapa?

Google Doodle hari Rabu (21/8/2024) menampilkan rendang.

TopCareer.id – Google Doodle hari ini, Rabu (21/8/2024) menampilkan bahan-bahan untuk makanan Indonesia rendang di laman depan pencarian Google.com.

Dalam keterangannya, Google menjelaskan bahwa rendang resmi diakui sebagai hidangan nasional Indonesia, dan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Alasan Doodle menampilkan rendang adalah karena pada 21 Agustus, Gubernur Sumatera Barat menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), untuk acara memasak rendang secara daring terbesar sepanjang masa.

Mengutip situs MURI, pemecahan rekor ini dilakukan pada 21 Agustus 2021 lalu. Acara ini dilakukan dalam rangka pendaftaran Rendang sebagai Warisan Budaya Indonesia ke UNESCO.

Saat itu, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat bersama Lantamal II Padang menggelar “Virtual Masak Rendang Se-Dunia” yang diikuti 2.814 peserta dari Asia, Amerika, Afrika, Australia, dan Eropa.

Gelaran itu juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang hadir melalui Zoom untuk membuka acara.

Baca Juga: Google Doodle Ikut Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2024

Lebih lanjut, dalam deskripsinya, Google mencatat asal usul rendang berawal dari abad ke-16.

Dijelaskan, meski orang Minangkabau meminjam teknik kari seperti menggunakan banyak rempah-rempah dan santan, mereka memasak hidangan tersebut lebih lama hingga mengental.

“Antara migrasi dan perdagangan yang berkembang pesat di Asia Tenggara, rendang menjadi populer di negara lain seperti Malaysia dan Singapura,” tulis Google.

Google juga menyebut, rendang telah mendapatkan sentuhan lain dari berbagai budaya.

“Misalnya, Filipina menggunakan rempah-rempah asli yang dicampur dengan palapa dan menambahkan gula muscovado,” ungkap mereka.

CNN juga pernah menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia nomor satu pada tahun 2017.

Tak cuma di Indonesia, Google Doodle rendang juga ditampilkan di Singapura, Australia, Selandia Baru, Britania Raya, dan Polandia.

Leave a Reply