Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, September 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Di Google Doodle ada Sosok Perempuan Ini, Siapa Dia?

Topcareer.id – Sudah buka Google hari ini? Tahukah kamu siapa sosok perempuan yang kini tengah terpampang di Google Doodle? Ya gambar tersebut adalah Marie Thomas, satu dokter perempuan pertama di Indonesia.

Berkat beasiswa yang diberikan Charlotte Jacobs, seorang apoteker perempuan pertama di Belanda, Thomas bisa menempuh pendidikan di sekolah pendidikan dokter di Hindia Belanda (Indonesia) yaitu STOVIA, sekolah yang sebelumnya dikhususkan untuk pelajar laki-laki saja.

10 tahun kemudian, perempuan kelahiran Likupang, Sulawesi Utara itu berhasil mendapatkan gelar dokternya.

Setelah lulus, Thomas kemudian bekerja di rumah sakit terbesar di Batavia (Kota Jakarta). Selang beberapa waktu, Thomas kemudian pindah ke Padang dan menjadi dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru seperti IUD (alat kontrasepsi yang ditempatkan di dalam rahim) kepada para perempuan di Indonesia.

Tidak sampai di situ, Nama Thomas juga mulai dikenal karena kemurahan hatinya yang memberikan pengobatan gratis bagi pasien yang tidak mampu membayar.

Sebagai bentuk dedikasinya terhadap dunia kesehatan, Thomas memutuskan untuk mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera.

Cerita inilah yang membuat Google menampilkan wajahnya di halaman muka mesin pencari terbesar tersebut. Terlebih lagi, hari ini bertepatan denga hari kelahiran Thomas yaitu 17 Februari 1896.

“Selamat ulang tahun, Dr. Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasi yang tanpa pamrih untuk kehidupan orang lain dan membuka jalan bagi perempuan Indonesia untuk mencicipi sekolah kedokteran dan pendidikan tinggi,” tulis Google.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan