Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

3 Hal Ini Bikin Fresh Graduate Susah Dapat Kerja

Ilustrasi Fresh Graduate

TopCareer.id – Masalah susah dapat kerja saat ini juga dirasakan oleh mereka yang baru lulus bangku perkuliahan atau fresh graduate. Ada banyak pertimbangan perusahaan menolak mempekerjakan lulusan baru.

Karena itu, penting untuk mengetahui apa saja yang bikin fresh graduate gagal mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Dengan mengetahui apa saja yang bikin fresh graduate susah dapat kerja, ini bisa jadi pelajaran buat kamu yang belum lulus kuliah untuk lebih mempersiapkan diri.

Tak punya keterampilan yang relevan

Banyak lulusan baru yang tak punya keterampilan yang relevan. Karena itu, penting untuk memiliki kemampuan penting yang dapat memberikan nilai tambah bagi tempatmu melamar.

Selain itu, dikutip dari situs Jobstreet, Kamis (22/8/2024), banyak lulusan baru yang belum tahu cara membuat CV atau resume yang baik.

Asahlah keterampilan menulis resume, sehingga kamu terlihat menonjol di antara pelamar lain. Saat melakukan wawancara kerja pertama kalinya, lakukan riset sehingga kamu tak datang di depan pewawancara dengan kepala kosong.

Baca Juga: Sering Terjadi, 6 Kesalahan Pencari Kerja Ini Bikin Seret Panggilan

Persaingan yang ketat

Setiap tahun, lulusan perguruan tinggi dan mereka yang mendapatkan gelar semakin bertambah. Ini berarti, persaingan di pasar kerja pun semakin ketat, khususnya untuk entry-level.

Agar kamu tak sekadar diperhatikan, bekali diri dengan lebih dari sekadar gelar sarjana. Carilah pengalaman profesional yang relevan bahkan sebelum kamu lulus.

Kamu bisa ikut program magang, jadi sukarelawan untuk organisasi nirlaba, atau melakukan proyek yang dapat membantumu mengasah keterampilan nonteknis.

Ikuti juga berbagai kegiatan mahasiswa di kampus, khususnya yang sejalan dengan industri yang kamu tuju.

Baca Juga: 3 Tips Efektif Mencari Kerja di LinkedIn

Punya sedikit pengalaman kerja atau tak punya sama sekali

Banyak lowongan kerja tingkat pemula yang mempersyaratkan pelamar memiliki setidaknya satu tahun pengalaman kerja atau kadang lebih.

Magang memang memberikanmu pengalaman yang dibutuhkan. Namun, banyak pelamar juga memiliki pengalaman yang sama, sehingga terasa biasa saja bagi pemberi kerja.

Karena itu, pilihlah program magang dengan bijak, sehingga kamu bisa menciptakan kontak yang berharga dan mendapatkan pengalaman yang relevan.

Jika kamu belum punya pengalaman magang, mulailah mencari lowongan. Apabila ini bukan kewajiban kampus dan kamu tak ingin melakukannya, cobalah mencari peluang untuk kerja paruh waktu atau jadi pekerja lepas.

Leave a Reply