Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
ProfesionalTips Karier

Tak Cuma Tambah Gelar, Ini Sederet Manfaat Kuliah S2

Ilustrasi studi Federal Reserve New York, gelar teknik jadi jurusan kuliah dengan pendapatan tertinggi.Ilustrasi perguruan tinggi S2 (Pexels)

TopCareer.id – Saat ini, banyak lowongan kerja yang mensyaratkan pelamar memiliki gelar S2 atau Master. Tak sekadar menambah gelar, kuliah S2 juga menawarkan manfaat lain, baik secara profesional atau pribadi.

Dengan pendidikan lanjutan, seseorang dapat memperdalam pengetahuan di bidangnya, meningkatkan keterampilan analitis, dan memperluas jaringan profesional.

Dikutip dari port.ac.uk, Selasa (17/9/2024), berikut ini sederet manfaat kuliah S2 yang bisa kamu peroleh dengan menempuh pendidikan Master tersebut.

  • Menjadi ahli di bidang yang kamu tekuni

Dengan menempuh pendidikan Master, kamu dapat membangun pengetahuan yang sudah dimiliki sejak Sarjana atau dalam pekerjaan, dengan terlibat di topik-topik yang lebih rumit dan lebih terspesialisasi sesuai pilihan.

Kamu dapat belajar lebih lanjut tentang apa yang kamu minati, serta memperoleh bekal yang dibutuhkan untuk berkontribusi dalam lingkunganmu sendiri.

Kamu juga akan menyelami area dan tantangan utama di bidangmu, dan mempelajari berbagai pendekatan terhadap sebuah masalah.

Baca Juga: Usia 105, Virginia Hislop Lulus S2 dari Stanford University

  • Belajar dengan teman-teman yang terlibat dalam sebuah jurusan

Di kuliah S2, kamu dan teman-teman belajarmu akan berusaha untuk menjadi lebih baik dalam apa yang ditekuni dan dilakukan.

Kamu akan belajar dengan teman sejurusan atau sekelas, yang termotivasi dan membawa perspektif dan pengalaman mereka sendiri ke masalah yang sama.

Kamu juga akan membangun kelompok belajar yang solid dengan rekan-rekanmu, untuk saling mendorong dan menyemangati agar dapat berkembang.

  • Tingkatkan gaji dan prospek karier

Memiliki gelar S2 menunjukkan kemampuanmu untuk bekerja pada level tinggi di bawah tekanan, untuk jangka waktu yang salam. Gelar ini juga menunjukkan tingkat keahliahmu, di mata kuliah pilihanmu.

Gelar Master yang relevan juga dapat memberimu nilai tambah dibandingkan lulusan lain dengan gelar Sarjana, saat melamar pekerjaan.

  • Membuka peluang penelitian

Waktu belajar di universitas program Master membuka peluang bagi kamu melakukan penelitian. Untuk menyelesaikan tugas tertulis, kamu tetap perlu melakukan penelitian sekunder dan belajar menggunakan temuan Anda dengan tepat.

Jika kamu tertarik dengan dunia riset, kamu dapat memperluas salah satu tugas atau mini-thesis yang sudah kamu buat hingga ke gelar Doktor.

Baca Juga: Biar Manfaatnya Maksimal, Lakukan 5 Hal Ini Saat Magang

  • Pengalaman baru di tempat yang baru

Seringkali, menempuh pendidikan S2 berarti menetap di kota atau bahkan negara yang baru. Ini bisa jadi hal yang baik buat kamu yang ingin perubahan suasana, seiring dengan jalur kariermu.

Jika kamu mahasiswa internasional, belajar di negara lain memberi kesempatan untuk lulus dengan pengalaman hidup yang fantastis dan kualifikasi yang hebat.

  • Lebih berbasis keterampilan daripada gelar penelitian

Gelar Magister fokus pada pembelajaran melalui pengajaran, daripada proyek penelitian atau tesis jangka panjang. Tugas kuliah dan penilaian diarahkan untuk membangun pengetahuan dan keterampilan praktis.

Jadi, saat kamu belajar di S2, kamu dapat memperluas pengetahuan dan mengembangkan keterampilan yang dapat langsung ditransfer ke jalur karier atau tempat kerja.

  • Beralih ke karier baru

Menempuh S2 bisa jadi cara yang baik untuk mempersiapkan diri mengejar karier baru. Bersama dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, kamu akan memperoleh kualifikasi yang bakal dikenali orang-orang di bidang barumu.

Jadi, saat melamar pekerjaan, gelar Magister akan membuat pemberi kerja yakin akan pengetahuan dan keahlianmu.

Di samping keterampilan dan pengalaman kerja yang sudah dimiliki, kualifikasi gelar S2 dapat menjadikanmu kandidat yang menarik bagi calon pemberi kerja.

Baca Juga: Pekerja Bisa Terus Belajar Hal Baru, Ini Tipsnya

  • Peluang jejaring

Manfaat S2 lainnya juga berarti kamu akan belajar dengan orang-orang yang terbaik di bidangmu, dengan keahlian yang sudah terbukti dan pengalaman akademis serta profesional yang luas.

Dengan banyaknya kuliah tamu, konferensi, dan kesempatan berbicara lain, kamu dapat belajar dari para pakar di industri. Kamu juga akan punya kesempatan untuk membangun jejaring dan bertukar pikiran tentang topik-topik penting.

  • Pengembangan profesional

Jika kamu sudah berkecimpung di karier atau industri yang diminati, ikut pendidikan gelar Master menawarkan kesempatan pengembangan profesional yang fantastis.

Gelar ini merupakan cara yang baik untuk mempercepat kemajuan kariermu.

Kamu juga akan memiliki akses ke perkembangan akademis terbaru di bidangmu, serta menerapkan keterampilan di tempat kerja dalam lingkungan teoritis dan praktis yang baru.

Leave a Reply