TopCareerID

Lazada Pakai Panel Surya di Gudang Logistik Utama Cimanggis

Panel Surya di Gudang Lazada Cimanggis, Depok, Jawa Barat. (Lazada)

TopCareer.id – Platform e-commerce Lazada resmi menggunakan panel surya di gudang utama mereka di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Hal ini demi mendukung praktik bisnis yang berkelanjutan, khususnya pada operasional logistik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Vice President Government Affairs Lazada Indonesia Budi Primawan mengatakan, pertumbuhan e-commerce yang pesat tak hanya memberikan peluang ekonomi, tapi juga berdampak pada lingkungan hidup.

“Oleh karena itu, pertumbuhan ini perlu diimbangi dengan solusi logistik yang efisien dan berkelanjutan,” kata Budi, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (24/9/2024).

Baca Juga: Lazada Hadirkan Pengiriman Ramah Lingkungan

Pemanfaatan energi surya di fasilitas logistik Lazada sebenarnya sudah dimulai sejak 2023, dengan pemasangan panel surya di fasilitas logistik perusahaan di Bali dan Bandung.

Lazada mengklaim, upaya ini menghasilkan output energi yang signifikan setiap tahunnya. Perusahaan kemudian memperluas inisiatif ini ke fasilitas logistik terbesarnya di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Nizhar Mariz pun menyambut baik inisiatif ini.

Baca Juga: Hari UMKM Nasional 12 Agustus, Ini Tips Biar Bisnis Naik Kelas

“Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mencapai target net zero emissions pada tahun 2060 mendatang. Akan tetapi, tantangan iklim menuntut aksi nyata dari semua pihak,” ujarnya.

Fasilitas panel surya di Cimanggis diharapkan mampu menghasilkan ratusan ribu kWh energi surya setiap tahunnya, yang dapat membantu memenuhi sebagian kebutuhan listrik gudang.

“Penggunaan panel surya di gudang logistik Lazada di Cimanggis ini merupakan salah satu dari banyak inisiatif berkelanjutan yang telah dan akan terus kami lakukan,” tambah Budi.

Lazada pun mengajak para pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menciptakan ekonomi digital yang lebih hijau.

Exit mobile version