TopCareer.id – Menyambut event 11.11 yang biasanya jadi waktu e-commerce berlomba memberikan sederet promo, Lazada memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), untuk membantu platform tersebut melayani pengguna.
AI generatif yang digunakan Lazada ini bernama AI Lazzie, yang bertugas menjadikan belanja online lebih personal, interaktif, dan efisien dalam membantu pelanggan.
AI Lazzie dapat membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan menjawab pertanyaan seputar belanja.
Baca Juga: Sambut Festival Belanja Online, Ini yang Harus Dilakukan Seller E-Commerce
Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo mengatakan, fitur ini didukung teknologi penerjemah AI Alibaba, Marco MT.
Hal ini, ujarnya, “memungkinkan interaksi yang lebih natural, layaknya berbelanja dengan asisten pribadi yang akan membantu konsumen berbelanja, termasuk dalam menyambut berbagai promo belanja online akhir tahun di Lazada.”
Mengutip siaran pers, Senin (11/11/2024), riset yang dilakukan Lazada dan Kantar menunjukkan 54 persen responden Indonesia memanfaatkan AI untuk mendapatkan rekomendasi belanja yang lebih personal.
AI Lazzie dan rekomendasi pintar membantu pengguna menemukan produk yang relevan, dengan preferensi dan riwayat belanja. Laporan juga menunjukkan 64 persen responden Indonesia menggunakan chatbot, lebih tinggi dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.
Baca Juga: Berkat AI, Pengguna E-Commerce Bisa Belanja Online Pakai Personal Shopper
Selain itu, riset juga mencatat 53 persen pelanggan menilai penggunaan AI dalam e-commerce mempermudah proses belanja, dengan fitur yang paling digemari adalah chatbot, pencarian produk dengan gambar, rekomendasi produk, dan analisis ulasan produk.
Studi tersebut juga menyebut 85 persen pelanggan Indonesia rela membayar lebih untuk menggunakan AI dalam platform e-commerce.
Temuan Lazada juga mengungkapkan 62 persen pelanggan Indonesia melihat ulasan produk dan penjual sebagai pertimbangan utama saat berbelanja online. Angka ini tertinggi di antara negara lain di Asia Tenggara.
AI Lazzie sebagai pembaruan GenAI Lazada dirancang untuk membuat konten unik dengan memanfaatkan ulasan produk, yaitu menonjolkan poin penjualan utama produk, serta memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan.
Baca Juga: Tips Gaet Hati Pelanggan ala Toko MamaJA
Selain itu, untuk mempercepat proses pengambilan keputusan, AI Lazzie dapat menjawab pertanyaan pembeli yang nantinya bisa menghasilkan peningkatan konversi pesanan dan kepuasan, serta membangun loyalitas pelanggan.
Associate Director Kantar Indonesia, Ummu Hani pun mengatakan, salah satu titik kesulitan pelanggan dalam belanja online adalah Fear of Missing Out (FOMO), atau takut melewatikan promo belanja (49 persen).
“Sejalan dengan data yang menunjukkan bahwa, setelah kualitas (57 persen), penawaran harga yang kompetitif merupakan pertimbangan utama keputusan pembelian produk oleh pelanggan (54 persen),” kata Hani.
Hadirkan AI di Promo 11.11
Menyambut event 11.11, Lazada pun memanfaatkan AI untuk menggaet pelanggan di event ini dalam kampanye bertajuk “11.11 Diskon Terbesar di Lazada.”
E-commerce ini pun menyediakan voucher bonus hingga 1,1 juta, jaminan harga terendah dengan diskon sampai dengan 90 persen, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Promo tersebut akan dimulai dari tanggal 10 November pukul 20.00 hingga 15 November 2024.
Lazada juga memberikan hadiah spesial 11.11 untuk konsumen lewat program undian dengan hadiah utama 2 unit motor Yamaha NMax dan 1 unit mobil Hyundai Stargazer.
Pelanggan juga berkesempatan mendapat iPhone 15 Pro Max dan TV 40 inci di live streaming dari kanal LazLive dalam aplikasi Lazada, yang berlangsung setiap hari selama promo Lazada 11.11 berlangsung.
Menurut perusahaan, promo dan penawaran ini bisa diakses melalui fitur-fitur AI di Lazada, yang memungkinkan adanya penawaran yang dikurasi, voucher eksklusif, dan integrasi koin sebagai potongan harga tambahan, yang memastikan pembeli dapat mengakses harga bersaing untuk setiap transaksi.
“Pembaruan AI kami turut memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan berbagai penawaran dan mengakses harga bersaing untuk produk yang diincar serta memastikan pelanggan tidak melewatkan penawaran yang kami sajikan,” kata Amelia.