TopCareer.id – Bagi karyawan baru, penting untuk beradaptasi dan mempelajari tentang seluk beluk posisi yang diembannya. Salah satu tips yang dapat dipraktikkan adalah menyusun Rencana 30-60-90 Hari atau 30-60-90 Day Plan.
30-60-90 Day Plan menguraikan target pencapaian yang harus dicapai seorang karyawan dalam 30, 60, dan 90 hari pertama masa kerja.
Dilansir Forbes Advisor, rencana ini merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh karyawan baru atau manajer perekrutan, dan menguraikan tujuan yang harus dicapai selama tiga bulan pertama bekerja.
Tujuannya adalah untuk memaksimalkan hasil kerja pada hari-hari pertama setelah mulai bekerja, di mana ini menjadi hari-hari yang bisa sangat membebani dan membingungkan.
Dengan adanya perencanaan, akan membantu menyederhanakan apa saja yang harus dilakukan dan difokuskan oleh karyawan.
Baca Juga: Hari Pertama Kerja Bisa Terasa Menantang, Ini Tips Melewatinya
Elemen pertama dari perencanaan ini adalah rencana harus menyatakan misi atau tujuan perusahaan, dari pekerjaan tersebut. Kemudian, tentu saja, harus ada tujuan yang konkret dan terukur.
Bagi pemberi kerja, rencana 30-60-90 hari bisa dibuat untuk membantu pekerja bertransisi dari karyawan baru, menjadi anggota tim yang berharga dalam waktu singkat.
Ini akan membantu karyawan yang memahami tujuan dan menyediakan jalur yang dapat diterapkan untuk mencapainya.
Sementara, calon karyawan juga bisa membuatnya bahkan sebelum wawancara kerja. Ini akan menunjukkan Anda serius untuk bekerja keras, serta siap memberikan dampak.
Tips Membuat 30-60-90 Day Plan
Untuk membuat Rencana 30-60-90 hari, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:
- Tuliskan misi perusahaan
Identifikasi dan tuliskan misi perusahaan. Sebuah rencana harus sejalan dengan tujuan dan misi perusahaan.
- Buat target 30 hari pertama
Buat target untuk 30 hari pertama. Batasi menjadi tiga hingga lima agar semuanya jelas. Di setiap tujuan, tuliskan metrik utama yang akan digunakan, untuk mengukur apakah itu tercapai atau tidak.
- Buat target 60 dan 90 hari berikutnya
Seperti sebelumnya, buat target 60 hari pertama. Batasi jadi tiga hingga lima tujuan, lalu tetapkan pengukuran keberhasilan untuk setiap target. Lakukan untuk 90 hari selanjutnya.
- Sediakan sumber daya yang cukup bagi karyawan
Karena rencana ini merupakan panduan, Anda harus menyertakan sumber daya relevan yang akan membantu karyawan mencapai sasarannya.
Sumber daya ini bisa mencakup daftar orang-orang tertentu untuk diajak bicara atau menggunakan tutorial tertentu dengan komputer.
Berikan karyawan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan, dengan pengawasan seminim mungkin.
- Evaluasi kemajuan
Jangan lupa tetapkan waktu, lalu tindaklanjuti dengan evaluasi, apakah karyawan berhasil menggunakan sumber daya yang disediakan untuk mencapai targetnya.
Baca Juga: Tips Survive jadi Karyawan Baru
Contoh 30-60-90 Day Plan
Rencana untuk: Joko Sutrisno
Tanggal: 4 Desember 2024
Misi perusahaan: membantu konsumen menemukan sumber daya untuk pensiun dan menginvestasikan uangnya di firma kita.
Hari 1-30
Target 1: Menyelesaikan semua pelatihan orientasi. Semua kotak harus dicentang sebagai lengkap dalam berkas karyawan.
Target 2: Meninjau produk investasi dan memahami manfaat utamanya.
Target 3: Lulus persyaratan perizinan untuk menjual produk investasi.
Hari 31-60
Target 1: Melakukan panggilan telepon penjualan pertama ke klien potensial
Target 2: Bekerja dengan manajer untuk membangun daftar produk kunci untuk ditawarkan
Target 3: Mendapatkan penjualan pertama dalam program
Hari 61-90
Target 1: Konsisten melakukan 50 telepon per hari
Target 2: Melakukan setidaknya tiga janji temu penjualan per hari
Target 3: Menghasilkan USD 500 ribu dalam penjualan
Sumber daya:
Buku persiapan
Panduan produk
Itu tadi adalah tips dalam membuat Rencana 30-60-90 Hari, yang bisa jadi opsi dalam menentukan target bagi karyawan baru.