Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Survive jadi Karyawan Baru

Ilustrasi. (dok. CLEO Singapore)

Topcareer.id – Memulai pekerjaan baru memang menyenangkan tetapi juga sangat menantang. Terkadang kamu merasa perlu melakukan sesuatu agar bisa memberikan impresi yang baik di hari-hari pertama kamu.

Nah kabar baiknya, kamu tidak perlu terburu-buru untuk melakukan itu, mulailah dengan langkah-langkah kecil namun berkesan seperti yang dikupas dalam tips-tips ini.

Kenali pekerjaanmu
Pastikan kamu sudah mengetahui apa posisimu saat ini dan apa saja yang harus kamu lakukan. Kamu mungkin bisa bertanya di hari pertama kepada rekan-rekan kerja baru kamu, tapi akan lebih baik jika kamu sudah mempersiapkannya dengan melakukan riset mengenai pekerjaan barumu.

Percaya deh, lebih baik datang membawa amunisi ketimbang datang dengan tangan kosong dan hanya menggantungkan dirimu pada orang-orang yang belum tentu akan bisa membantu kamu.

Kenali fasilitas penunjang pekerjanmu
Setelah mengenali pekerjaanmu, langkah kedua yang tak kalah penting adalah mengenali fasilitas yang sudah disiapkan perusahaan untuk kamu.

Khusus untuk ini, kamu bisa memulai mengenalinya satu persatu di hari pertama kerja kamu, dengan bantuan partner kerja baru kamu.

Bertanya kepada sekitarmu mengenai pekerjaan
Jangan pernah ragu untuk bertanya mengenai pekerjaan kepada rekan-rekan barumu. Mereka akan mengerti dan sebisa mungkin memastikan jika kamu bisa menjalankan pekerjaanmu dengan baik.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu makan siang untuk mengobrol dan mencari tahu lebih dalam mengenai atmosfer kerja dan cara kerja di tempat ini.

Baca juga: 8 Kebiasaan Karyawan yang Berpotensi Mendapatkan Promosi Karier 

Namun jangan biarkan obrolannya berkembang menjadi perbincangan gosip ya, karena itu kurang baik untuk fokusmu di tempat kerja.

Pertahankan sikap positif
Cobalah untuk lebih mudah tersenyum dan ramah kepada rekan rekan kerja di sekitarmu.

Datanglah lebih awal, kerjakan pekerjaanmu dengan sebaik mungkin, dan jangan pernah mengeluarkan komplain terhadap bos kamu, terutama di awal-awal kamu kerja.

Pertahankan sikap positif ini agar citra kamu menjadi baik kedepannya.

Ikut terjun ke project-project yang ada
Jika pekerjaanmu telah selesai dan kamu masih memiliki banyak waktu luang di kantor, jangan ragu untuk ikut andil dalam proyek proyek yang masih berlangsung, selama itu tak begitu jauh dari job desc kamu.

Ini adalah cara terbaik agar kamu di-notice oleh atasan atasan, dan berkesempatan lebih cepat untuk mendapatkan promosi.

Nah bagaimana sudah siap untuk memulai hari pertama kamu di tempat kerja? Tetap semangat ya, dan jangan lupa untuk ikuti tips-tips mengenai karier di Topcareer.Id.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan