TopCareer.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sepuluh tanggal dengan jumlah pemesanan tiket Kereta Api (KA) jarak jauh Lebaran 2025 tertinggi.
Menurut Anne Purba, Vice President Public Relations, berdasarkan tren pemesanan, puncak penjualan tiket KA Jarak Jauh sementara ini tercatat di H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025, dengan 111.178 tiket dalam sehari. Angka tersebut diperkirakan masih akan meningkat, karena periode pemesanan tiket masih berlangsung.
Baca Juga: Ini Tanggal dan Rute Kereta Favorit di Masa Lebaran 2025
Mengutip siaran pers, Jumat (7/3/2025), berikut ini 10 tanggal dengan jumlah penjualan tiket KA jarak jauh tertinggi selama periode Lebaran 2025:
- 28 Maret 2025: 111.178 penumpang
- 29 Maret 2025: 109.128 penumpang
- 27 Maret 2025: 98.662 penumpang
- 6 April 2025: 95.150 penumpang
- 5 April 2025: 94.687 penumpang
- 2 April 2025: 93.751 penumpang
- 3 April 2025: 93.262 penumpang
- 4 April 2025: 92.249 penumpang
- 1 April 2025: 91.984 penumpang
- 30 Maret 2025: 88.028 penumpang
Anne mengatakan, hingga 6 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, sebanyak 1.647.943 tiket KA jarak jauh sudah terjual. Angka ini setara dengan 47,85 persen dari total kapasitas.
Sementara untuk KA Lokal, jumlah tiket yang telah terjual mencapai 22.262 tiket atau sekitar 1,94 persen dari total yang tersedia.
“Tingkat penjualan tiket KA Lokal masih relatif rendah karena periode pemesanan baru dibuka H-30 sebelum keberangkatan dan sebagian besar layanan baru dapat dipesan pada H-7,” kata Anne.
Baca Juga: Jadwal dan Cara Tukar Uang Baru Buat Lebaran di Bank Indonesia
“KAI mengimbau pelanggan yang belum memperoleh tiket di tanggal keberangkatan yang diinginkan untuk segera mempertimbangkan alternatif jadwal perjalanan lainnya guna meningkatkan peluang mendapatkan tiket sesuai kebutuhan,” Anne menambahkan.
Untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan perjalanan selama periode angkutan Lebaran, KAI telah menyiapkan berbagai langkah strategis, termasuk optimalisasi personel di seluruh titik layanan baik di stasiun maupun di atas kereta.
KAI juga memperkuat layanan digital untuk memberikan kemudahan akses informasi serta pemesanan tiket secara real-time.