Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tren

3 Juta Tiket Kereta Terjual di Mudik Lebaran 2025

Ilustrasi KAI akan beri denda pada penumpang kereta api yang sengaja melebihi relasi.Ilustrasi KAI (dok. KAI)

TopCareer.idLebih dari 3 juta tiket kereta terjual pada periode mudik Lebaran 2025, menurut laporan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Di periode angkutan Lebaran tahun ini, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk kereta selama 21 Maret sampai 11 April 2025.

Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), sementara 1.147.678 kursi tersedia untuk Kereta Api Lokal.

Dikutip dari siaran pers, Sabtu (28/3/2025), dari 21 hingga 26 Maret 2025 pukul 14.00 WIB, KAI telah melayani 1.015.379 penumpang di Pulau Jawa dan Sumatera.

Baca Juga: Penumpang Kereta Kini Bisa Pilih Tempat Duduk dengan Sesama Perempuan

Beberapa stasiun utama dengan keberangkatan tertinggi antara lain Pasarsenen, Gambir, Yogyakarta, Semarang Poncol, Bekasi, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Semarang Tawang Bank Jateng, Lempuyangan, dan Bandung.

Lalu hingga 26 Maret 2025 pukul 14.00 WIB, total penjualan tiket mencapai 3.026.106 tiket atau sekitar 66 persen dari total kapasitas yang disediakan.

Dari jumlah tersebut, 2.770.962 tiket merupakan tiket KA Jarak Jauh dengan tingkat okupansi mencapai 80 persen. Sementara, tiket KA Lokal yang telah terjual sebanyak 255.144 tiket atau 22 persen dari total kapasitas.

Anne Purba, Vice President Public Relations KAI mengungkapkan, penjualan tiket kereta jarak jauh mulai meningkat signifikan, seiring mendekatnya periode puncak arus mudik.

Baca Juga: Menkes: Kecelakaan Lalu Lintas Ancaman Utama Saat Mudik

“Kami optimis penjualan tiket Lebaran akan terus bertumbuh seiring mendekatnya puncak arus mudik dan balik,” kata Anne.

“KAI akan terus memantau pergerakan penumpang dan melakukan evaluasi berkala untuk memastikan pelayanan terbaik,” pungkasnya.

Penumpang yang sudah memiliki tiket pun diimbau untuk tiba di stasiun lebih awal, demi mengantisipasi potensi keterlambatan akibat padatnya arus penumpang.

KAI juga menyediakan posko pelayanan di stasiun-stasiun utama guna memberikan bantuan informasi dan penanganan cepat bagi pelanggan yang membutuhkan.

Leave a Reply