Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, November 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Kerja Dari Rumah

Tujuh Tanda Kamu Burn Out Saat Kerja dari Rumah

Sumber foto: hibob.com

Topcareer.id –  Bekerja dari rumah tentu terdengar seperti mimpi bagi banyak dari kita. Beberapa penelitian mengungkap banyak manfaat bekerja dari rumah. Namun tak sedikit pula yang mengatakan, bahwa bekerja dari rumah tidak selalu menyenangkan, apalagi di tengah pandemi virus corona ini.

Sejujurnya, bekerja dari rumah kadang-kadang bisa terasa seperti kelelahan. Namun opsi ini menjadi pilihan terbaik yang dilakukan banyak perusahaan di tengah wabah COVID-19. Oleh karena itu memperhatikan kesehatan mental dan emosi kita pada saat ini lebih penting daripada sebelumnya.

Freelance journalist, AnnaMarie Houlis membeberkan tujuh tanda burn out WFH yang mungkin berarti saatnya untuk keluar, menempatkan batas yang lebih kuat di tempat dan beralih rutinitas.

Baca Juga: Lima Macam Gangguan Saat Kerja Dari Rumah

1. Kamu bekerja sepanjang waktu

Bekerja dari rumah berarti kamu tidak memiliki pemisahan yang nyata antara kehidupan kerja dan kehidupan rumah. Karena itu, kamu mungkin berjuang untuk menetapkan batasan bagi diri sendiri dan, karena itu, kamu mungkin bekerja sepanjang waktu.

“Bekerja sepanjang waktu dapat memengaruhi kesehatan karena mengalami kelelahan hingga tingkat ke sembilan. Kamu tidak makan dengan benar karena tidak punya waktu untuk memasak atau, karena kamu sudah sangat lelah, kamu membuat pilihan yang tidak sehat,” ujar Houlis dalam The Ladders.

2. Lebih sering menunda

Kamu menemukan manfaat bekerja dari rumah; bebas dari gangguan, kamu jadi sering leyeh-leyeh. Akhirnya, kamu mulai menunda-nunda.  Tentu saja, penundaan dapat berdampak buruk pada kesehatan mentalmu.

Baca Juga: Seberapa Sering Baiknya Regangkan Badan Saat Kerja Dari Rumah?

“Banyak ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa memiliki aspirasi yang secara aktif coba kamu capai dapat meningkatkan moral secara keseluruhan. Dan pola pikir yang lebih bahagia, tentu saja, mengurangi stres, yang membuatmu sehat secara fisik juga.”

3. Kamu merasa tidak memiliki siapa pun

Ketika kamu berada di kantor dan masalah muncul, misalnya, kamu bisa mendapatkan bantuan dari orang-orang di sekitar perusahaan. Namun, ketika kamu sendirian di batas-batas yang terisolasi dari dinding ruang tamu, kamu mungkin merasa benar-benar sendirian dalam menentukan resolusi.

4. Merasa cemas yang berlebihan untuk berbuat lebih banyak

Apakah itu ide yang bagus atau tidak, kita cenderung membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain.  Kecemasan karena harus berbuat lebih banyak karena orang lain mungkin (asumsi yang tidak berdasar) dapat berdampak buruk pada kesehatan mentalmu dan, sama-sama, memengaruhi pekerjaan.

Baca juga: Cara Hindari Virus Corona saat Berbelanja Di Pasar

Lagipula, bukankah lebih baik melakukan pekerjaan dengan baik daripada menumpuk sebanyak mungkin hanya demi mengambil lebih banyak?

5. Kamu memeriksa pemberitahuan email seperti jarum jam

Jika kamu juga mendapati bahwa dirimu terus-menerus memeriksa platform komunikasi kerja setiap saat, siang dan malam, kamu mungkin kelelahan. Tidak masalah untuk unplug. Sangat penting menetapkan batasan untuk diri sendiri dan berusaha untuk tidak memeriksa email (kecuali mendesak) pada akhir pekan dan selama jam-jam aneh ketika kamu seharusnya tidur.

6. Kamu mengizinkan rapat berjalan melewati batas waktu yang ditentukan

Saat bekerja dari rumah, kamu kemungkinan harus menerima panggilan telepon dan masuk ke rapat video setiap saat agar tetap terhubung dengan manajer dan kolega. Komunikasi semacam ini penting untuk membuat semua orang mengikuti kejadian di tempat kerja.

Tetapi penting bagi untuk memperlakukan semua pertemuan WFH seperti halnya pertemuan di kantor. Bahkan jika kamu tidak memiliki kewajiban ikut, rekan setim mungkin memiliki perjanjian lain yang harus mereka ikuti.

7. Anda berhenti “dewasa”

“OK, sejujurnya, bekerja dari rumah luar biasa karena kamu tidak perlu terlalu dewasa. Kamu tidak perlu berpakaian pantas. Dan kamu tidak perlu merapikan tempat tidur jika hanya akan duduk sepanjang hari,” kata Houlis.

Tetapi menurut Houlis, jika terus seperti itu akan berpengaruh serius pada kewarasannya dalam bekerja.  Yang terjadi, ia malah sering kelelahan. Dan itu mempengaruhi hasil kerjanya. 

“Karena itu, saya membuat titik untuk melakukan latihan dan bermeditasi selama 30 menit setiap pagi sebelum saya terjun langsung ke tempat kerja. Saya merapikan tempat tidur saya setiap hari. Dan, meski tidak harus berpakaian, aku lebih sering melakukannya. Itu membuat saya lebih professional.”*(RW)

Leave a Reply