Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Saturday, November 23, 2024
idtopcareer@gmail.com
Profesional

5 Langkah Ciptakan Komunikasi yang Kuat

Maju dalam karier.Work. Dok/cleverism.com

Topcareer.id – Dari CEO hingga karyawan, komunikasi yang baik adalah darah kehidupan dari setiap perusahaan yang sukses.

Komunikasi yang baik membangun kepercayaan, kepercayaan meningkatkan produktivitas, dan produktivitas mengarah pada kesuksesan.

Sebaliknya, komunikasi yang buruk (biasanya karena kurangnya kesadaran diri) pasti akan menurunkan motivasi staf dan menimbulkan kurangnya kepercayaan dalam organisasi.

Tidak ada kata terlambat untuk meningkatkannya dan menjadi komunikator handal. Berikut ini caranya!

1) Tentukan tujuan dan harapan
Dengan siapa kamu berbicara? Apa yang harus mereka harapkan di akhir percakapan? Apakah kamu menyesuaikan pesanmu kepada mereka secara khusus?

Biarkan orang tahu apa yang sebenarnya mereka harapkan dari kamu, apa yang kamu harapkan dari mereka, dan bagaimana kamu akan mencapainya bersama.

2) Sampaikan pesan dengan jelas
Pesan yang paling menarik itu jelas dan sederhana! Hindari penggunaan jargon yang berlebihan dan garis singgung yang tidak perlu dan buatlah semudah mungkin untuk dipahami.

3) Pilih platform kamu dengan bijak
Bukan hanya apa yang kamu katakan, tetapi bagaimana hal itu disampaikan.

Pesan disampaikan secara berbeda ketika melalui email daripada secara langsung, atau melalui powerpoint versus etalase interaktif.

Tanyakan pada dirimu sendiri platform mana yang akan membangkitkan hasil yang kamu inginkan dan pilihlah itu.

Baca juga: Ini Pentingnya Komunikasi Efektif dalam Manajemen

4) Buat semua orang terlibat
Orang hanya tahu apa yang bisa mereka lihat, jadi pastikan jalur komunikasi tetap terbuka setiap saat.

Tetaplah secara aktif mencari dan mendorong umpan balik serta selalu update perkembangan proyek, dan terutama tetap terhubung ketika berhadapan dengan staf jarak jauh.

5) Dengarkan dan tunjukkan empati
Memahami pelanggan dan kolega kamu adalah inti dari komunikasi yang kuat.

Sebelum menanggapi, pertimbangkan sudut pandang audiens kamu untuk membangun kepercayaan berkelanjutan dan visi yang seragam.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply