Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, September 29, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Enam Alasan Pilih Belanda Jadi Tempat Studi

Foto Ilustrasi

4. Ramah Pelajar Luar Negeri

Ada lebih dari 160 negara yang mengirim pelajarnya untuk studi ke Belanda. Sejauh ini Belanda tidak menjadikan bidang pendidikan sebagai revenue atau keuntungan bagi negara mereka. Pemerintah Belanda masih memberikan subsidi untuk bidang pendidikan.

Kenapa Belanda tidak menjadikan pendidikan sebagai pendapatan? Viddy menjawab, Belanda mempunyai tujuan mengundang mahasiswa internasional untuk studi sebanyak-banyaknya agar memberikan pengalaman internasional lebih banyak kepada pelajar-pelajar Belanda itu sendiri.

“Karena dulu ada fenomena mahasiswa Belanda itu pendidikan sudah affordable dan kualitas yang sangat baik, jadinya mahasiswa Belanda itu tidak mau studi ke luar negeri. Makanya, pemerintah Belanda merasa insecure, jadi mengundang mahasiswa asing untuk kuliah di Belanda,” papar Viddy.

Ia menuturkan, orang Belanda itu sangat acceptance dan dia berpikiran terbuka. Mereka sangat senang untuk dikunjungi oleh masyarakat asing, apalagi masyarakat asing itu memiliki keinginan untuk belajar dari Belanda.

Viddy menyebut, peringkat pertama sebagai negara pengirim pelajar terbanyak ke Belanda adalah Jerman yang kemudian disusul oleh China. 

Untuk Indonesia sendiri, ada kota-kota besar yang kerap menjadi pilihan pelajar yang ingin studi ke Belanda, seperti Amstredam, Utrecht, Rotterdam, Mastricht, dan Groningen. Bahkan di Groningen, kota di utara Belanda itu seolah menjadi tempat kumpul para pelajar Indonesia.

Tinggalkan Balasan