Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Berbagai Penyebab Mahasiswa Zaman Now Mudah Stres

Views

TOPCAREER.ID Stres tidak hanya melanda mereka yang berstatus pegawai maupun pengangguran yang sedang mencari kerja. Mahasiswa juga bisa kena stres.

Kamu sedang berstatus mahasiswa atau baru saja meninggalkan bangku kuliah? Pasti belum hilang dari ingatan kamu berbagai tekanan dan beban berat saat kuliah. Tugas menggunung dari dosen, tekenan untuk dapat IPK tinggi dari orangtua dan lingkungan, plus masalah pribadi menjadi santapan sehari-hari.

Hal-hal di atas bikin mahasiswa stres. Ada banyak penyebab mengapa mahasiswa saat ini sangat mudah stres. Berikut beberapa alasannya:

Prioritas
Salah satu penyebab umum stres pada mahasiswa adalah tidak mampu mengatur dan mempriotaskan kegiatan dan pekerjaan mereka. Ini yang membuat pikiran kamu berantakan dan mengakibatkan stres.

Pola makan yang buruk
Pola makan yang buruk dan diet yang tidak sehat juga dapat menyababkan kamu mudah stres. Maka cobalah untuk makan dengan seimbang dan bergizi.

Persaingan
Ketika kamu ingin masuk sekolah terbaik, pasti akan selalu ada kompetisi, yang kadang membuat kamu kehilangan kendali. Cobalah untuk tidak membiarkan ini mengganggu mental kamu.

Beban kerja
Beban kerja pada pada pendidikan yang lebih tinggi pasti mempunyai beban yang lebih berat dari pada sebelumnya, seperti tugas kuliah, praktek, membuat proposal hingga menulis skripsi dan menanti sidang kelulusan.

Organisasi
Sekolah adalah yang utama dan bersosialisasi adalah yang kedua. Butuh kemauan keras untuk dapat menyeimbang kedua hal tersebut. Mengumpulkan niat lalu mempraktekannya adalah hal yang paling sulit. Kamu pasti sering berkata kepada diri sendiri, kamu akan bangun pagi hari dan datang ke kampus untuk belajar. Namun pada kenyataannya kamu malah pergi bersama teman-teman. Kamu boleh bergaul, namun jangan terbawa arus dan melupakan pendidikan.

Keuangan
Cukup banyak mahasiswa baru yang mengalami stres dikarenakan biaya kuliah saat ini yang sangat mahal, mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup sehari-hari, sampai tempat tinggal jika rumah kamu jauh atau berada di luar kota dari kampus.

Mengatur waktu
Ini permasalah yang cukup besar. Biasanya mahasuiswa sangat sulit membagi waktu karena tidak ingin melewatkan semua kesenangan di masa kuliah.*

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherly Agnesia

Leave a Reply