Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Langkah Jokowi Siapkan SDM Indonesia yang Unggul

Presiden Republik Indonesia, Ir H. Joko Widodo.
Views

TOPCAREER.ID – Presiden Joko Widodo mengungkapkan titik berat pembangunan lima tahun kedepan adalah pada sumber daya manusia yang dimulai sejak dari kandungan.

“Bayi dalam kandungan itu harus terurus gizi dan nutrisinya agar tidak stunting, mengidap kekerdilan. Angka stunting kita memang turun dari 38 di tahun 2015, jadi 30. Tapi itu masih angka yang tinggi” tulis Presiden Joko Widodo dalam akun instragram pribadinya, Rabu (21/8/2019).

Jangan bermimpi bersaing dengan negara lain kalau angkanya tidak bisa diturunkan, tambahnya.

Tahap berikutnya adalah saat masa tumbuh kembang, “Anak-anak perlu tambahan makanan bergizi. Dana saat masuk pendidikan dasar, yang penting adalah membangun karakter seperti nilai-nilai budi pekerti, etika, agama, dan toleransi. Tambahannya adalah matematika dan lain-lainnya.” tutur Jokowi

Naik ke jenjang yang lebih tinggi ketika anak masuk ke dunia pendidikan. Mereka dikenalkan pada teamwork. Kerja sama. Bagaimana anak-anak memiliki daya kritis dan argumentasi yang baik. Berikutnya, mereka bisa memilih ingin lanjut ke kejuruan atau bidang-bidang keilmuan. Setelah itu di tingkat universitas, kita berbenah.

Sementara itu seriring perkembangan teknologi, pekerjaan-pekerjaan yang tersedia bagi generasi ke depan adalah jenis pekerjaan yang baru, sedangkan pekerjaan lama menghilang. Presiden mengungkapkkan bahwa permasalahan ini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan hampir dialami oleh semua negara yang tergabung baik di G20, APEC, ataupun ASEAN Summit.

“Semua bingung, bukan kita saja, karena teknologinya muncul regulasinya belum ada” pungkasnya.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply