Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Trik Aman Bicara dengan Rekan Kerja yang Berbeda Pendapat

Views

TOPCAREER.ID Kantor tak ubahnya sebuah kampung berisi orang-orang yang terdiri atas beragam karakter, sifat, maupun pandangan hidup. Setiap orang memiliki pandangannya tersendiri mengenai sesuatu. Kadang kamu bisa menilai sesuatu hal baik, tapi tidak menutup kemungkinan rekan kerja menganggap hal itu buruk. Alhasil perbedaan pendapat terjadi.

Bagaimana cara kamu menyikapi hal tersebut akan sangat menentukan. Teman kerja bagaimanapun adalah orang terdekat yang selalu kamu temui di kantor. Jadi, daripada kamu berselisih paham mengenai perbedaan pendapat dengan rekan kerja, cobalah untuk bisa tetap sejalan dengan orang tersebut.

Bagaimana cara tetap aman dengan orang yang berbeda pendapat dengan kamu, berikut beberapa triknya yang kami kutip dari TheMuse.com:

1. Perjelas pendapat Anda
Kesalahpahaman sering kali terjadi dalam setiap perbincangan. Hal itu bisa dihindari bila kamu selalu memperjelas pendapatmu. Jangan buat temanmu bingung dengan penjelasan yang terlalu melebar dan tidak jelas. Cobalah penjelasan yang ringan dan tentu saja dengan penyampaian yang sopan.

2. Tentukan poin pendapatmu
Mulailah dengan kata-kata “Menurut pendapat saya,….” atau “Saya pikir…” itu merupakan cara terbaik untuk memulai penyampaikan pendapatmu. Jadi temanmu tahu posisimu di mana dan mengerti pendapat kamu secara langsung.

3. Hargai pendapat orang lain
Kamu memiliki pendapat sendiri, begitu juga rekan kerjamu. Maka hargailah pendapatnya. Katakan padanya tidak salah bila dia menilai sesuatu hal seperti itu, dan kamu juga berhak menilai lain hal tersebut. Jadi tidak perlu ada perdebatan yang terjadi.

4. Ganti topik
Cara ampuh terakhir adalah ganti topik perbincangan. Masih banyak hal yang bisa kamu diskusikan dengan rekan kerja. Daripada terus-menerus membicarakan hal yang tidak sependapat, cobalah memulai pembicaraan yang kamu dan rekan kerjamu sukai.*

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply