Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, October 14, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Interview Kerja, Apa Jawaban Terbaik Saat Ditanya `Apa Kelemahan Kamu?`

Ilustrasi
Views

TOPCAREER.ID Saat interview kerja selalu ada pertanyaan menjebak dan agak sulit dijawab. Apapun, kamu harus siap untuk menjawab pertanyaan semacam itu.

Seorang interviewer ingin melihat sejauh mana kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan olehnya. Ia ingin melihat bagaimana kamu dalam merespon pertanyaan yang membuat tidak nyaman. Apakah kamu bisa tetap tenang atau justru malah down. Dan interviewer ingin mengetahui sebrapa jauh kamu mengenali dirimu sendiri.

Dilansir dari thecareerforce.com, slah satu pertanyaan yang sering membuat calon pelamar kerja menjadi salah tingkah dan tidak bisa menjawab dengan baik adalah “Apa kelemahanmu?”. Jangan takut dengan pertanyaan semacam ini. Ada baiknya sebelum interview berlangsung kamu mempersiapkan terlebih dahulu. Bukan untuk menyiapkan jawaban bohong yang bisa membuatmu seolah-olah terlihat hebat. Tapi persiapkanlah kepercayaan dirimu untuk menghadapi interview.

Kuasai job description pekerjaan yang kamu lamar. Dengan begitu kamu akan bisa mengukur diri kamu bagaimana dalam mengerjakannya nanti. Hal ini bisa digunakan untuk mempersiapkan jawaban atas apa kelemahanmu yang akan ditanyakan si interviewer.

Jangan pula terlalu percaya diri dengan merasa diri sombong bisa melakukan semua pekerjaan. Jujurlah dan akui kemampuan dirimu tanpa dilebih-lebihkan. Kamu juga harus bisa meyakinkan bahwa perusahaan tidak akan rugi jika merekrut kamu menjadi pegawainya, meskipun kamu punya kelemahan.

Jadi saat muncul pertanyaan apa kelemahanmu? Jawablah dengan singkat dan disertai keterangan yang ringkas. Ambil contoh misalnya kamu melamar kerja di bidang yang berhubungan dengan banyak orang. Dan kelemahanmu adalah sebagai seorang introvert yang pemalu.

Jawab saja dengan jujur bahwa kamu memiliki kesulitan untuk berbicara di depan banyak orang. Namun sertakan penjelasan lanjutannya bahwa kamu sudah mengikuti kursus public speaking sebelum melamar pekerjaan tersebut sehingga kamu sudah mempunyai bekal untuk lebih percaya diri dalam menghadapi banyak orang di depan umum.

Coba banyak latihan untuk mengembangkan jawaban-jawaban diplomatis saat pertanyaan krusial seperti itu muncul. Ini salah satu cara terbaik untuk dilakukan agar bisa sukses menjalani interview di tempat kerja yang kamu inginkan.*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply