Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, December 14, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Peran Seorang Visual Merchandising Gaet Pengunjung

TOPCAREER.ID – Era digital berdampak buruk pada industri ritel offline. Saat ini orang berbondong-bondong membeli barang melalui online daripada datang langsung ke tokonya. Untuk bisa bersaing, pemilik toko offline harus terus berpikir kreatif untuk meningkatkan penjualan.

Saat berbelanja ke sebuah mall, seringkali kita memilih masuk ke sebuah toko karena tampilan display produk terlihat menarik. Penataan ini tentu tidak sembarangan. Hal ini dilakukan oleh seorang Visual Merchandising. Yaitu seseorang yang mempunyai keahlian seni dalam menyajikan produk secara visual dengan semenarik mungkin untuk memaksimalkan penjualan.

Seperti yang dilakukan oleh merek besar bernama “Tiffany & Co” saat salah satu pendiri perusahaan Tiffany & Co, Walter Hoving mengajak Gene Moore bergabung pada tahun 1955. Sebelum bergabung Moore bekerja sebagai manajer display atau manajer artistik.

Suatu ketika Hoving mengatakan kepada Moore “Lakukan apapun yang kamu mau, jangan katakan kepada saya apa yang akan kamu lakukan,  dan jangan meminta persetujuan saya. Cukup lakukan yang kamu mau dan berikan saya hasilnya” tegas Hoving seperti dikutip dari Rocagallery.com, Jumat (23/8/2019).

Dari situ Moore membuat toko itu tampak menarik. Ini menggambarkan kebebasan untuk bergerak dan berkreativitas adalah kunci kesuksesan suatu merek.

Untuk menjadi visual merchandising kamu harus mempunyai kemampuan menata produk, desain grafis, dan ilmu tata ruang, untuk menstimulasi dan menciptakan display dan ambience yang diinginkan seperti menciptakan suasana ceria, semangat, hangat atau cozy.

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply