Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tiga Ketakutan yang Bikin Gagal Jadi Entrepreneur

TOPCEREER.ID – Saat memulai bisnis sebagai entrepreneur banyak orang yang merasa ingin sukses di bidangnya masing-masing. Tidak jarang dari mereka yang menginginkan kesuksesan malah memiliki rasa takut yang bisa menghambat perkembangannya dalam menjalankan bisnisnya sebagai seorang entrepreneur.

Rasa takut sebetulnya adalah hal yang wajar. Tinggal bagaimana kita mengelolanya. Apakah kita akan larut dalam ketakutan atau kita jadikan sebagai motivasi. Sukses atau tidaknya sebuah usaha tergantung bagaimana kita menjalaninya.

Kita perlu mengenali rasa takut agar bisa mengantisipasi diri dari keterpurukan dalam berbisnis.Seperti dilansir dari mintglow.com ada tiga rasa takut yang pada umumnya bisa menyebabkan kegagalan dalam menjalankan usaha sebagai seorang entrepreneur. Hindari ketiga ketakutan yang paling umum ini yang bisa menghancurkan rasa percaya diri dan bisnis kita.

Takut gagal.
Rasa takut ini merupakan yang paling umum dan paling banyak menyebabkan orang gagal bahkan sebelum memulai. Kalau kita tidak berani untuk gagal, kapan kita akan bisa belajar hal baru. Pelajaran dari kegagalan merupakan guru yang paling baik. Semakin cepat kita untuk berani gagal dan memahami bahwa segala sesuatu tidak ada yang sempurna, maka akan semakin cepat kita untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk saat memulai sebuah usaha. Memang sulit mengatasi rasa takut yang satu ini, tapi kita harus tekankan pada diri kita untuk menjadikan rasa takut ini sebuah motivasi untuk bisa sukses.

Takut pendapat buruk.
Yang satu ini memang agak mengganggu kesehatan mental jika kita terlalu banyak menghabiskan waktu mengenai pendapat yang buruk dari orang lain. Padahal orang lain yang memberi pendapat buruk ke kita sama sekali tidak menghabiskan waktunya untuk memikirkan kita. Terkadang keluarga juga memberikan pendapat negatif mengenai usaha kita, dan menyebabkan kita merasa seperti orang bodoh yang salah langkah dan tidak tahu harus bagaimana lagi. Banyak orang sudah gagal meraih impiannya hanya karena terlalu memikirkan pendapat buruk dari orang lain. Semua orang punya pendapat dan kita tidak bisa membatasinya. Yang bisa dilakukan adalah analisa pendapat mereka dan sadari bahwa tanpa pendapat mereka kita tidak akan bisa berkembang dengan lebih baik.

Takut sukses.
Mungkin hal ini terlihat aneh. Tapi ini merupakan rasa takut yang paling berbahaya. Beberapa orang yang berbisnis dan usahanya mulai lancar ada yang mengalami rasa takut ini. Rasa takut sukses timbul akibat pikiran negatif mengenai akan hilangnya waktu bersama keluarga karena sibuk mengurus bisnis. Takut tidak siap untuk mengolah jumlah uang yang besar. Dan yang sering dirasakan juga takut karena merasa apakah akan bisa mempertahankan kesuksesan. Cara mengatasinya ubahlah pola pikir. Kita harus sadar bahwa sukses tidak berarti harus mengorbankan segala-galanya. Manajemen waktu dan motivasi diri yang baik bisa membantu untuk mengolah rasa takut ini.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan