Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kenali Dulu Peralatannya Sebelum Mulai Siaran Radio

TOPCAREER.ID Saat dokter hendak melakukan operasi, Ia butuh peralatan dokter seperti alat operasi. Dokter punya peralatan kerja, begitu juga penyiar radio. Ia punya alat-alat yang selalu menemaninya siaran di studio.

Tak kenal maka tak sayang. Kalau kamu mau mendalami profesi sebagai penyiar radio, ada baiknya kenali dulu peralatan yang membantu penyiar selama bekerja. Berikut beberapa peralatan di dalam ruangan siaran yang perlu kamu tahu.

Microphone
Microphone seolah jadi hal penting yang menunjang kerja selama siaran. Microphone atau mic memiliki fungsi untuk menghantarkan suara kepada out speaker. Apa jadinya kalau penyiar nggak pakai mic selama siaran? Ya, nggak ada output audio yang sampai ke telinga pendengar.

Secara teknis, mic ini punya beragam jenis dan spesifikasi. Misalnya ada mic yang basic dan wireless, atau ada microphone mono dan stereo. Atau ada microphone yang mengharuskanmu berada pada jarak 1-2 jengkal dari bibir. Namun, ada pula yang tidak harus berada terlalu dekat dengan mic.

Headphone
Alat satu ini masih fleksibel digunakan oleh penyiar radio. Ada penyiar radio yang menggunakannya saat siaran, ada juga yang nggak. Sebenarnya, tujuan penggunaan headphone untuk memonitor suara atau lagu yang tengah diputar sehingga suara yang didengar di headphone sama dengan suara yang mengudara ke pendengar radio.

Selain itu, penggunaan headphone juga bertujuan untuk mengantisipasi brooming jika menggunakan speaker kontrol biasa karena dalam ruangan tersebut speaker juga aktif selama siaran.

Leave a Reply