Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Oktober 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

3 Pilar Agar Tenaga Kerja Kompeten dan Berkarakter Positif

TOPCAREER.ID – Sebagai upaya untuk mempercepat peningkatan kompetensi instruktur pelatihan vokasi di Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan selenggarakan Kompetisi Kompetensi Instruktur Nasional (KKIN). Kompetisi ini merupakan metode untuk meningkatkan kompetensi instrukur, baik secara individu maupun kedinasan. Sehingga, mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja secara nasional.

“Dalam hal pembinaan percepatan peningkatan kompetensi instruktur di Indonesia, salah satu metode yang efektif digunakan yaitu dengan cara melakukan kompetisi antar instruktur yang terstruktur dan sistematis sebagai ajang untuk mengukur, meningkatkan, dan pemerataan peningkatan kompetensi yang terintegrasi,” kata Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, dalam acara Penutupan KKIN VII Regional Banten di BBPLK Serang, Banten, pada Hari Kamis (22/8).

Bambang mengungkapkan, penyiapan tenaga kerja kompeten dan berkarakter positif dapat dilakukan melalui 3 pilar utama, yaitu tersedianya Standar Kompetensi; pelatihan berbasis Kompetensi; dan Sertifikasi Kompetensi. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ketiga komponen tersebut harus dibangun dan dikembangkan secara komprehensif, terpadu, dan berkesinambungan.

Adapun, salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme, inovasi, dan kreativitas instruktur lembaga pelatihan adalah kompetisi antar instruktur.

“Kompetisi ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan sekaligus membina instruktur agar lebih kompeten, profesional, kreatif, dan inovatif,” ujarnya.

the authorRetno Wulandari

Tinggalkan Balasan