Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Jago Networking untuk Introvert

TOPCAREER.ID Sikap introvert seringkali diartikan sebagai pribadi yang pendiam, cenderung tertutup serta enggan bersosialisasi. Kebanyakan orang introvert beranggapan bahwa dirinya tidak bagus dalam networking, merasa lebih aman di zona nyaman, dan tidak akan bisa menjadi seorang entrepreneur di bidang apapun. Karena biasanya yang cenderung memiliki jaringan yang luas adalah orang-orang yang extrovert.

Padahal, anggapan seperti itu tidaklah benar. Orang dengan sikap introvert juga bisa memiliki networking yang luas meski dengan cara yang berbeda. Dikutip dari clairedobson.com 26 Agustus 2019, berikut beberapa cara untuk orang introvert agar tetap dapat memiliki networking yang luas dan sama baiknya dengan orang-orang extrovert.

Siapkan mental

Mempersiapkan diri dan mental sebelum bertemu dengan calon kolega adalah langkah yang penting bagi introvert. Terutama saat hendak menghadiri sebuah acara perkumpulan semacam seminar ataupun workshop yang terkait dunia entrepreneurship. Dengan begitu, rasa nervous untuk bertemu banyak orang baru akan lebih bisa ditekan. Berpakaian sesuai dengan dress code acara juga bisa dilakukan supaya lebih merasa percaya diri.

Saat berada di lokasi acara, jangan memaksakan diri untuk bertemu dengan seluruh peserta karena hal itu akan membuang banyak energi kamu. Aturlah pertemuan dengan beberapa orang yang potensial saja. Lebih penting terjalin koneksi dengan beberapa kolega baru daripada memaksakan diri berkenalan dan bertukar business card dengan seluruh peserta hadir namun tidak terjadi koneksi.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan