Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Membahas Desk Collection, Pengingat Utang Nasabah

Views

Topcareer.id – Pernah dapat tawaran kerja di bidang Desk Collection? Terkadang masih banyak lho di antara kita yang menyamakan profesi Desk Collection dengan Debt Collector. Padahal, dua profesi itu jelas berbeda. Yuk kita cari tahu detailnya.

Seperti kita ketahui, layanan pinjaman, baik online maupun offline belakangan kerap dijadikan solusi di tengah kebutuhan hidup yang terus meningkat.

Selama persyaratannya mudah, dana lekas cair, dan pembayaran-nya bisa dicicil, bunga pinjaman sekian persen pun tak dianggap sebagai masalah.

Sayangnya setelah dana pinjaman tersebut habis digunakan, beberapa nasabah belum juga membayar cicilan meski tanggal jatuh tempo pembayarannya sudah dekat. Mereka seolah cuek dengan ancaman denda akibat melewati batas waktu pelunasan.

Fungsi desk collection

Nah, terkait dengan perilaku beberapa nasabah tadi, di sinilah fungsi desk collection dibutuhkan. Mereka ditugaskan untuk menelpon dan mengingatkan nasabah agar segera melakukan pembayaran.

“Semuanya (kegiatannya) lewat telepon,” ucap mantan pekerja Desc Collection, Oi kepada Topcareer.id. Oi juga menjelaskan kalau penagihannya dilakukan dengan cara yang sopan.

Dalam menjalankan pekerjaannya, Oi mengaku sering mendapatkan alasan-alasan yang nyaris sama dari para nasabah. Karena itu dibutuhkan kesabaran ketika meminta mereka melunasi tagihannya, terutama saat berhadapan dengan nasabah yang sudah menunggak bertahun-tahun.

“Rata-rata jawabnya, duh lagi nggak pegang uang, atau nanti ya, kalau sudah ada uangnya. Di situ-lah kita harus pintar-pintar mengingatkan supaya mereka mau bayar,” tambahnya.

feby@gmail.com'
the authorFeby Ferdian

Leave a Reply