Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Ibu Kota PindahTren

Tak Hanya Indonesia, Negara Ini Juga Pindah Ibu Kota

Topcareer.id – Rencana pemindahan ibu kota yang disampaikan langsung Presiden Joko Widodo pekan lalu terus menjadi isu hangat di masyarakat. Meski presiden menyampaikan rencana pemindahan ibukota dalam kontek pemerataan. Tapi oleh beberapa kalangan menganggap rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur tepatnya di Penajam Baser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara belumlah mendesak.

Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang memindahkan ibu kotanya. Negara-negara di asia seperti Malaysia, Myanmar, Korea lebih dulu melakukannya. Berikut beberapa negara lain di dunia yang sudah memindahkan ibu kota negaranya.

Kuala Lumpur ke Putrajaya (1999)
Kuala Lumpur dianggap terlalu padat dan pemerintah berupaya memindahkan ibu kota ke Putrajaya pada 1999 untuk membentuk pusat perekonomian baru. Meski demikian, pemindahan ini tak berjalan mulus dan pusat pemerintahan serta perekonomian Malaysia secara de facto masih berada di Kuala Lumpur.

Dari Seoul ke Sejong City, Korea Selatan (2005)
Pemindahan pusat pemerintahan ke Sejong City dimulai pada 2005. Pemindahan dilakukan untuk pembangunan pusat perekonomian baru dan pemerataan. Per 2015, setidaknya 36 kantor pemerintahan seharusnya pindah ke ibu kota mini ini. Meski perlahan pemindahan dilakukan, Seoul masih menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian, serta hiburan.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply