Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 4, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Pameran Indonesia Electric Motor Digelar untuk Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Topcareer.id Bertempat di Balai Kartini, Jakarta, p ada tanggal 4-5 September 2019 berlangsung acara Pameran Indonesia Electric Motor.

Acara ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman masyarakat terhadap kendaraan bermotor listrik, sekaligus mendorong penguasaan IPTEK green technology, yaitu penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan.

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal Purnawirawan Moeldoko, Kepala BPPT Hammam Riza, Perwakilan Kementerian Perhubungan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, serta tamu undangan lainnya.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia perlu diciptakan ekosistem yang mendukung.

Selain unsur prekayasa dan penelitian, sinergitas antar kementerian dan lembaga serta dunia industri sangat penting bagi kemajuan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

”Tanpa adanya ekosistem yang baik, maka pengembangan mobil listrik di Indonesia akan sangat terhambat. Untuk mengembangkan mobil listrik, perlu adanya integritas yang sangat masif dari kementerian/lembaga negara ataupun BUMN terkait. Seperti untuk tempat pengisian baterai di mana saja dan kapan saja dengan cepat,” ucap Nasir, dilansir dari Ristekdikti.go.id, Kamis (5/9/2019).

“PLN harus berpartisipasi. Lalu terkait bea masuk spare part dan lain-lain, Kemenkeu harus masuk. Semua K/L harus bersinergi.”

Mohammad Nasir menambahkan, dalam memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) kendaraan listrik, bahan baku komponen baterai akan segera diproduksi dari Morowali.

Menristekdikti juga memaparkan tiga manfaat apabila masyarakat beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik, yaitu membuat keuangan negara lebih sehat, lalu membuat generasi mendatang yang lebih sehat, dan terakhir membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan berdaya saing tinggi dalam mengembangkan kendaraan listrik.*

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan