Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Baikkah Jadi Si Kutu Loncat?

Views

Topcareer.id Kamu sudah bekerja di tujuh kantor berbeda, padahal baru 5 tahun lalu lulus dari bangku kuliah. Wah, mengapa bisa begitu? Apa kamu terlalu pintar hingga pindah kerja terus, atau kamu justru punya masalah dengan komitmen berkarier alias si kutu loncat?

Sebelum menjawabnya, ada baiknya tahu dulu apa itu “komitmen berkarier.”

Maksudnya, ya menetapkan pilihan untuk bekerja di perusahaan selama waktu tertentu. Dan selama waktu yang dimaksud itu kamu tak tergoda untuk pindah kerja ke tempat lain. Ibaratnya kmau setia pasanganmu sekarang, tak selingkuh dengan WIL (wanita intim lain) atau PIL (pria intim lain).

Sebenarnya, normal-normal saja seseorang sering pindah kerja. Apalagi bila umur Anda masih di kisaran 20-an. “Itu terjadi pada banyak orang,” bilang Linda Barnabel, penulis buku Sex, Money & Power. Namun demikian kamu pantas disebut punya masalah komitmen berkarier jika hal berikut terjadi padamu, sebagaimana dikutip dari Glamour.

Bahkan kamu belum sampai pada tahapan awal
Begini, apa isi curriculum vitae-mu dipenuhi daftar pengalaman kerja yang sudah kamu lakukan selama ini? Apa kendati sering pindah kerja, kenaikan gajimu tak siginifikan? Marilyn Moats Kennedy, kepala Wilmete, sebuah firma konsultan karier di Illinois, AS punya jawabnya. “Orang yang punya masalah komitmen berkarier malah jarang dapat kenaikan gaji dan promosi, sebab mereka bekerja terlalu singkat. Perusahaan belum sempat memberinya tanggung jawab besar, dia keburu pindah,” jelasnya.

Ini berarti sebelum posisi atau tanggung jawab pekerjaan kamu cukup signifikan untuk bernegosiasi di tempat kerja yang baru, mending cari pengalaman dulu di tempat kerja lama.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply