Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Skills.idSosok

Seni Kain Perca ala Gina Yuliana

Topcareer.id – Di zaman milenial, kreativitas semakin banyak ragamnya. Tidak hanya kreatif dalam bekerja di kantoran saja. Kini semakin banyak orang yang sudah mengembangkan skill kreativitas nya ke bidang seni dan kerajinan tangan. Salah satu contohnya adalah kain perca. Seperti yang dilakukan Gina Yuliana.

Layakanya seniman, Gina mengolah kain perca menjadi karya seni yang tidak hanya menarik untuk dilihat, namun juga bisa dipakai sehari-hari . Produk kain perca karya Gina cukup beragam seperti bed cover, sandal, tas, dan pouch.

Dihubungi melalui telepon akhir pekan lalu, Gina menceritakan ilmu kreativitas mengolah kain perca didapatnya turun-temurun. “Awalnya dari nenek yang dulu suka buat kain perca jadi bed cover, kemampuan itu diturunkan ke ibu saya lalu kemudian baru diturunkan ke saya dan adik-adik.” Ujar Gina pada Topcareer.id.

Gina Yuliana [Foto : istimewa/koleksi pribadi]

Menurut Gina kreasi kain perca yang sedang booming saat ini adalah sandal perca. Dengan model yang lucu dan unik sandal perca diminati banyak orang. Ia juga pernah mengajar mengenai kreativitas kain perca pada program ‘Oke Oce’ yang digelar oleh pemerintah DKI Jakarta.

Kreasi kain perca Gina mulai dijadikan usaha sejak tahun 90-an. “Mulai usaha dari mama tahun 1993, dan baru tahun 2019 ini saya resmi membuat nama sendiri untuk usaha kain perca ini. Namanya Kurafutoqu, bisa di cek di IG nya @kurafutoqu.” jelas Gina. Untuk pemasaran produk kain perca-nya kebanyakan melalui online shop dan pameran karya seni.

Kesibukan Gina saat ini tidak hanya terus berkreasi membuat kain perca, namun ia juga berbagi ilmu dengan mengajar banyak UMKM di Jakarta. Jadwal mengajar banyak ia dapat dari Kementrian Perindustrian.

Gina juga telah dihubungi oleh salah satu anggota dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang merekomendasikannya untuk turut serta pada Pameran Seni “Art & Craft Expo 2019” tanggal 23-29 September nanti di Food Centrum Sunter, Jakarta Utara. Di sana, kamu tak hanya bisa belanja produknya, tapi juga belajar langsung darinya.*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply